PEMANFAATAN SISTEM PENJUALAN DAN PELAYANAN SERVICE KENDARAAN DI PT BOSOWA BERLIAN MOTOR MAKASSAR

Authors

  • Andi Riska Andreani S Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Rafli Syukri Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Dzaky Mubarok Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31926

Keywords:

Kendaraan, Penjualan, Pelayanan, Sistem

Abstract

PT Bosowa Berlian Motor Makassar menerapkan sistem penjualan dan pelayanan yang dinilai memiliki keunikan dan berbeda dibanding dengan perusahaan lainnya. Untuk itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pemanfaatan sistem penjualan dan pelayanan service kendaraan di PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa PT Bosowa Berlian Motor Makassar menerapkan sistem informasi yang berbasis teknologi informasi dalam proses penjualan dan pelayanan (services) kendaraan. Sistem manajemen informasi tersebut berupa website, aplikasi, dan Bosowa Automotive Management System (BAMS). Adanya sistem ini dapat menunjang efektivitas, efisiensi, akurasi, dan meminimalisir manipulasi terkait pencatatan dan transaksi yang ada. Proses dalam sistem penjualan meliputi penyelidikan pelanggan, identifikasi kebutuhan, penyeleksian kendaraan; tahap transaksi berupa penyusunan surat pemesanan kendaraan (SPK), proses pembiayaan, dan penyelesaian dokumen; serta tahap pengiriman dan layanan purna jual. Sementara sistem pelayanan service yang diterapkan PT Bosowa Berlian Motor yaitu meliputi booking service, penerimaan kendaraan, proses service, penyelesaian service dan layanan tambahan. Dengan demikian, diharapkan pada berbagai proses dan prosedur terkait penjualan maupun pelayanan tersebut dapat terus mengadopsi sistem informasi yang menunjang kinerja perusahaan dalam menjual produk maupun meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

S, A. R. A. ., Syukri, M. R. ., & Mubarok, D. . (2024). PEMANFAATAN SISTEM PENJUALAN DAN PELAYANAN SERVICE KENDARAAN DI PT BOSOWA BERLIAN MOTOR MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10740–10747. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31926