PERAN E-TRUST MEMEDIASI SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BUKALAPAK

Authors

  • Putu Rita Efata Krisana Universitas Udayana
  • I Wayan Santika Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31076

Keywords:

Social Media Marketing; Online Customer Review; Keputusan Pembelian, E-Trust

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pembelian pelanggan Bukalapak yang masih tertinggal dari pesaingnya dilihat dari segi GMV yang belum mampu menempati posisi tiga besar, serta penurunan jumlah rata-rata kunjungan pada kuartal II tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh social media marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh e-trust pada Bukalapak. Sampel penelitian ini adalah 120 orang pengguna Bukalapak. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, social media marketing dan online customer review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap e-trust dan keputusan pembelian. E-trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. E-trust mampu memediasi hubungan social media marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari penelitian ini ialah perlu diperhatikannya strategi social media marketing, online customer review yang ada, serta e-trust yang dimiliki pengguna jika ingin meningkatkan keputusan pembelian pada Bukalapak.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Krisana, P. R. E. ., & Santika, I. W. . (2024). PERAN E-TRUST MEMEDIASI SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BUKALAPAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10392–10403. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31076

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.