STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS THE USE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) AURIS IN SUBTITLING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31008Keywords:
Artificial Intelligence Auris, Students’ perception, SubtitlingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan Artificial Intelligence (AI) Auris dalam subtitling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Hamzanwadi yang memiliki pengalaman menggunakan AI Auris yang berjumlah empat orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa AI Auris memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti: waktu yang kurang atau efisien, kemudahan dalam penggunaan, mendapatkan nilai yang baik, akurasi yang kurang dari 100%, memberikan durasi yang pendek dan mengunggah video yang panjang. Dapat disimpulkan bahwa AI Auris atau bahkan AI lainnya akan memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi penggunaan Auris untuk subtitling cukup memuaskan bagi mahasiswa.References
Abdelaal, N. M. (2019). Subtitling of culture-bound terms: strategies and quality assessment. Heliyon, 5(4).
Brooks, R. A. (2018). Intelligence without reason. In The artificial life route to artificial intelligence (pp. 25–81). Routledge.
Cintas, J. D., & Remael, A. (2020). Subtitling: Concepts and practices. Routledge.
Hassani, H., Silva, E. S., Unger, S., TajMazinani, M., & Mac Feely, S. (2020). Artificial intelligence (AI) or intelligence augmentation (IA): what is the future? Ai, 1(2), 8.
Kaplan, A. D., Kessler, T. T., Brill, J. C., & Hancock, P. A. (2023). Trust in artificial intelligence: Meta-analytic findings. Human Factors, 65(2), 337–359.
Lucci, S., Kopec, D., & Musa, S. M. (2022). Artificial intelligence in the 21st century. Mercury learning and information.
Monika, S. (2019). An Introduction to Subtitling. Women in Localization. https://womeninlocalization.com/an-introduction-to-subtitling/
Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan metode pembelajaran project based learning untuk membantu siswa dalam berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 82–91.
Shin, D. (2021). The effects of explainability and causability on perception, trust, and acceptance: Implications for explainable AI. International Journal of Human-Computer Studies, 146, 102551.
Soe, T. H., Guribye, F., & Slavkovik, M. (2021). Evaluating AI assisted subtitling. Proceedings of the 2021 ACM International Conference on Interactive Media Experiences, 96–107.
Tri, N. M., Hoang, P. D., & Dung, N. T. (2021). Impact of the industrial revolution 4.0 on higher education in Vietnam: challenges and opportunities. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 1–15.
Wigraha, I. G. P. E. A., & Puspani, I. A. M. (2022). The Analysis of Subtitling Strategies Used in Zootopia Movie. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 8(1), 73–78.
Zhang, C., & Lu, Y. (2021). Study on artificial intelligence: The state of the art and future prospects. Journal of Industrial Information Integration, 23, 100224.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nagita Ratna, Usuluddin Usuluddin, Hamzani Wathoni, Ari Prasetyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.