PENGEMBANGAN SISTEM ASSESSMENT KURIKULUM MERDEKA ANAK USIA DINI BERBASIS WEBSITE SPANDU

Authors

  • Berlian Cahyaning Pertiwi Universitas Negeri Malang
  • I Wayan Sutama Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30936

Keywords:

Assessment PAUD, Kurikulum Merdeka, Website SPANDU.

Abstract

Assessment digunakan di lembaga PAUD untuk mengumpulkan informasi tentang hasil dan proses belajar anak usia dini namun, banyak guru masih mengeluh tentang proses pelaksanaan assessment karena banyak format yang perlu dimasukkan dan dikelola, yang membuat tugas guru menjadi lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk assessment berbasis website SPANDU yang dapat digunakan untuk pelaksanaan assessment dan pengarsipan di lembaga PAUD. Metode penelitian dan pengembangan digunakan, dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini merupakan guru PAUD, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan angka 92%, validasi ahli media menunjukkan angka 86%. Hasil uji coba skala kecil mendapatkan nilai 79%. Hasil uji coba skala besar mendapatkan nilai 88% sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa website SPANDU sangat efektif, efisien, dan menarik dalam pelaksanaan assessment.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Pertiwi, B. C. ., Sutama, I. W. ., & Astuti, W. . (2024). PENGEMBANGAN SISTEM ASSESSMENT KURIKULUM MERDEKA ANAK USIA DINI BERBASIS WEBSITE SPANDU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9965–9970. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30936

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.