ANALISIS USABILITY TESTING MENGGUNAKAN METODE SUS (SYSTEM USABILITY SCALE) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNAAN FITUR APLIKASI TIKTOP SHOP)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30340Keywords:
TikTok, Fitur TikTokshop, Usability, System Usability ScaleAbstract
Tiktokshop merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh aplikasi media sosial tiktok yang berfokus pada berbagi video pendek berdurasi limabelas detik sampai tiga menit. Fitur tiktokshop ini menjadi minat baru yang digemari oleh masyarakat luas terkhusus dikalangan masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi belanja online dikarenakan harga barang yang ditawarkan di fitur tiktokshop ini lebih terjangkau dan banyak menawarkan diskon jika dibandingkan dengan paltform e-commerce. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar usability dan kepuasan pengguna terhadap fitur tiktokshop dengan menggunakan system usability scale (SUS). Penggunaan metode SUS digunakan dengan memberikan 10 pertanyaan khusus kepada pengguna atau partisipan dalam mengukur seberapa besar kegunaan fitur tiktokshop dengan menggunakan skala Likert untuk mengukur respons mereka yang terdiri dari sangat setuju hingga sangat tidak setuju. Data evaluasi yang dihasilkan dari jawaban responden dianalisis secara kuantitatif untuk memahami kegunaan fitur tiktokshop. Teknik pengumpulan data adalah dengan pembagian kuesioner yang dibuat menggunakan Google Form yang ditujukan kepada 50 responden. Hasil dari jawaban responden yang di analisis menunjukkan bahwa fitur Tiktokshop yang disediakan oleh aplikasi TikTok mempunyai nilai rata-rata berdasarakan perhitungan menggunakan metode SUS yaitu 59,35. Sehinggan menunjukkan usability fitur TiktokShop dengan Tingkat kegunaan sebagai “Marginal” pada pengukuran acceptability dan berada pada grade "D" dengan adjective rating "Poor".Downloads
Published
2024-07-13
How to Cite
Gulo, C. ., Gea, F. J. ., & Fau, A. . (2024). ANALISIS USABILITY TESTING MENGGUNAKAN METODE SUS (SYSTEM USABILITY SCALE) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNAAN FITUR APLIKASI TIKTOP SHOP). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10213–10221. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30340
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Charles Gulo, Firman Jaya Gea, Alwin Fau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.