KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI ABAD 21 SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yulia Ngatminiati SD Negeri Beraja Asri
  • Yayuk Hidayah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Suhono Suhono Universitas Ma'arif Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30193

Keywords:

Berpikir Kritis , Kompetensi, Abad 21, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya pengembangan keterampilan berpikir kritis sebagai bagian dari pendidikan untuk menghadapi tuntutan kompetensi abad 21 di kalangan siswa sekolah dasar. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus pada tinjauan literatur sebagai pendekatan untuk menyelidiki konsep keterampilan berpikir kritis dan aplikasinya dalam konteks pendidikan dasar. Melalui analisis yang mendalam terhadap berbagai sumber literatur, penelitian ini menyoroti relevansi keterampilan berpikir kritis dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam beradaptasi dengan perubahan, mengambil keputusan yang berbasis bukti, dan memecahkan masalah kompleks. Temuan dari studi ini memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan dasar dapat meningkatkan persiapan siswa untuk masa depan yang kompleks dan dinamis dengan memperkuat keterampilan berpikir kritis mereka. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat memandu pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran yang lebih efektif dalam mempromosikan keterampilan ini di tingkat sekolah dasar

References

Applin, S. (2024). Priming Students for Foundational Learning by Investigating Foundational Assumptions: A Critical Thinking Framework. Teaching Sociology, 0(0). https://doi.org/10.1177/0092055X231222276

Aston, K. J. (2023). ‘Why is this hard, to have critical thinking?’ Exploring the factors affecting critical thinking with international higher education students. Active Learning in Higher Education, 0(0). https://doi.org/10.1177/14697874231168341

Berns, R.M. (2004) .Child, Family, School, Community: Socialization and Support. Sixth Edition, Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.

Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dennett, S. K., & DeDonno, M. A. (2021). A comparison between Chinese and American male and female college students’ critical thinking dispositions. International Journal of Chinese Education, 10(3). https://doi.org/10.1177/22125868211046966

Egitim, S. (2022). Do Japanese students lack critical thinking? Addressing the misconception. Power and Education, 14(3), 304-309. https://doi.org/10.1177/17577438221107203

Gottfried, M., et al (2024). Novice Teachers and Student Attendance in Early Elementary School. Educational Policy, 0(0). https://doi.org/10.1177/08959048241231952

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404–418. https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.385

Hidayah,Y. (2020). Disertasi: Pengembangan model belajar keterlibatan (MBK) untuk memperkuat partisipasi politik dan civic engagement warga negara muda di era digital. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Khrais H, Saleh AM. (2020). The Effect of Concept Mapping on Critical Thinking of Jordanian Nursing Students. Creative Nursing. 2020;26(1):19-24. doi:10.1891/1078-4535.26.1.e19

Kim, S., et al. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99-117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214

Mejia, M., & Sargent, J. M. (2023). Leveraging Technology to Develop Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Educational Technology Systems, 51(4), 393-418. https://doi.org/10.1177/00472395231166613

Mejia, M., & Sargent, J. M. (2023). Leveraging Technology to Develop Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Educational Technology Systems, 51(4), 393-418. https://doi.org/10.1177/00472395231166613

Musa,M.M & Kamal.R (2022). Ekstrakulikuler Art Painting dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 118–131. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.59

Mutmainah, S.U et al. (2022). Implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan kompetensi abad 21 siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. Vol 13, No 2 (2022). DOI: http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54831

Odebiyi, O. M., & Odebiyi, A. T. (2021). Critical Thinking in Social Contexts: A Trajectory Analysis of States’ K-5 Social Studies Content Standards. The Journal of Social Studies Research, 45(4), 277-288. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2021.05.002

Rimiene, V. (2002). Assessing and Developing Students’ Critical Thinking. Psychology Learning & Teaching, 2(1), 17-22. https://doi.org/10.2304/plat.2002.2.1.17

Roesler, R. A. (2022). Fantastic four! Problem-solving processes of a professional string quartet. Psychology of Music, 50(2), 403-421. https://doi.org/10.1177/0305735621998746

Roohr, K. C., & Burkander, K. (2020). Exploring Critical Thinking as an Outcome for Students Enrolled in Community Colleges. Community College Review, 48(3), 330-351. https://doi.org/10.1177/0091552120923402

Shaheen, N. (2016). International students’ critical thinking–related problem areas: UK university teachers’ perspectives. Journal of Research in International Education, 15(1), 18-31. https://doi.org/10.1177/1475240916635895

Shalini, S. (2021). A Study on the Effectiveness of Problem-based Learning in Legal Education in India. Asian Journal of Legal Education, 8(1), 95-109. https://doi.org/10.1177/2322005820984418

Sterner A, et al. (2023).Effects of Blended Simulation on Nursing Students’ Critical Thinking Skills: A Quantitative Study. SAGE Open Nursing. 2023;9. doi:10.1177/23779608231177566

van Laar, E., et al (2020). Determinants of 21st-Century Skills and 21st-Century Digital Skills for Workers: A Systematic Literature Review. Sage Open, 10(1). https://doi.org/10.1177/2158244019900176

Wang, S., & Seepho, S. (2017). Facilitating Chinese EFL Learners’ Critical Thinking Skills: The Contributions of Teaching Strategies. Sage Open, 7(3). https://doi.org/10.1177/2158244017734024

Wynekoop, J., & Nakatani, K. (2023). Critical thinking skills for computing professionals: Closing the education – industry gap. Industry and Higher Education, 0(0). https://doi.org/10.1177/09504222231221530

Zulfa.B.I. et al (2021). Implementasi pembelajaran wawasan kebangsaan di Sekolah Dasar.Jurnal Dikdas Bantara. Volume 5, Nomor 1 Februari 2021 E-ISSN : 2615-5508

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Ngatminiati, Y. ., Hidayah, Y. ., & Suhono, S. (2024). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI ABAD 21 SISWA SEKOLAH DASAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8210–8216. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30193