INTEGRASI KESADARAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN DI ORIENTASI MAHASISWA STKIP PASUNDAN CIMAHI DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27541Keywords:
Holistik, Kehidupan Kampus, Kesadaran Hukum, Mahasiswa Baru, Pendidikan Kewarganegaraan, STKIP Pasundan CimahiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengintegrasikan kesadaran hukum dan pendidikan kewarganegaraan dalam kegiatan orientasi mahasiswa baru di STKIP Pasundan Cimahi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Studi Dokumentasi, Analisis data menggunakan Triangulasi tekhnik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengintegrasikan kesadaran hukum dan pendidikan kewarganegaraan dalam orientasi mahasiswa baru memberikan dampak positif yaitu menambah pemahaman mahasiswa tentang hak dan kewajiban , etika dan konteks hukum. Selain itu, ditemukan juga jika melakui orientasi kehidupan kampus menjadi upaya dalam menyiapkan mahasiswa secara akademik tetapi juga secara sosial dan moral. Integrasikan kesadaran hukum dan pendidikan kewarganegaraan dalam orientasi mahasiswa baru menjadi model yang dapat menjadi refrensi bagi lebaga pendiidkan lainnya dalam rangka mempersiapkan mahasiswa yang siap dengan tantangan kehidupan kampus yang kompleks. Penelitian lebih lanjut tentang kesadaran hukum dalam kegiatan orientasi kehidupan kampus di sarankan dalam penelitian ini.References
Abdin, M. J. (2008). Rights & Duties of Citizens. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1116902
Barranti, M., Carlson, E. N., & Furr, R. M. (2016). Disagreement About Moral Character Is Linked to Interpersonal Costs. Social Psychological and Personality Science, 7(8), 806–817. https://doi.org/10.1177/1948550616662127
Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.
Belladonna, P. A. (2021). MODEL PENDIDIKAN HUKUM DALAM PENGUATAN KESADARAN HUKUM. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Cholisin. (2011). Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran PKn. Yogyakarta : UNY Press.
Clark, C. H. (2021). Civic education’s relationship to affective partisan divides later in life. Education, Citizenship and Social Justice, 18(1), 37–58. https://doi.org/10.1177/17461979211041332
Clark, S., & Wallace, R. (2018). The integrity problem in higher education: description, consequences, and recommendations.
Copp, D. (2016). Moral education versus indoctrination. Theory and Research in Education, 14(2), 149–167. https://doi.org/10.1177/1477878516656563
Faulk, D. (2022). Black Campus Life: The Worlds Black Students Make at a Historically White Institution. Sociology of Race and Ethnicity.
Fives, A. (2013). Non-coercive promotion of values in civic education for democracy. Philosophy & Social Criticism, 39(6), 577–590. https://doi.org/10.1177/0191453713485723
George, M. I. (2017). What Moral Character is and is Not. The Linacre Quarterly, 84(3), 261–274. https://doi.org/10.1080/00243639.2017.1338442
Gordon, J., Levine, R., Mazure, C., Rubin, P., Schaller, B., & Young, J. (2011). Social Contexts Influence Ethical Considerations of Research. The American journal of bioethics?: AJOB, 11, 24–30. https://doi.org/10.1080/15265161.2011.560338
Heron, M., & Belford, P. (2014). Ethics in Context: A Scandal in Academia. SIGCAS Comput. Soc., 44, 20–51. https://doi.org/10.1145/2656870.2656875
Hidayah, Y., Trihastuti, M., Romlah, O. Y., Adha, M. M., & Ulfah, R. A. (2021). #Gejayan memanggil Sebagai Komunikasi Sosial Gerakan Mahasiswa. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1744
Idris, F., Mustafa Din, W., Hamzah, M., Manap, J., Munusamy, R., Abdul Rani, A., & Airwan, N. (2022). Factors Contributing To University Students’ Integrity. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v12-i12/15072
Indonesia, C. (2022). Retrieved from www.cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/market/20220307142753-17-320635/quotex-ilegal-begini-modus-doni-salmanan-menjerat-korban
Kaltim, K. (2021). Retrieved from https://kaltim.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/3685-penguatan-kesadaran-hukum-bagi-generasi-muda-sofyan-mahasiswa-adalah-bibit-masa-depan-bangsa
Leighton, R. (2023). Radical citizenship education. Education, Citizenship and Social Justice.
Levine, P. (2023). Politics by Other Means: Civic Education in a Time of Controversy. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science, 705(1), 24–38. https://doi.org/10.1177/00027162231189037
Meindl, P., Quirk, A., & Graham, J. (2017). Best Practices for School-Based Moral Education. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 5(1), 3–10. https://doi.org/10.1177/2372732217747087
NG, C. (2020). Education Is Power. Hispanic Health Care International.
pusiknas.polri.go.id. (2021). Waspada, Makin Banyak Mahasiswa dan Pelajar Terjerat Kasus Narkoba. Retrieved from https://pusiknas.polri.go.id/detail_artikel/waspada,_makin_banyak_mahasiswa_dan_pelajar_terjerat_kasus_narkoba
Ray, P. (2019). Campus Life: In Search of Community (Expanded Edition). International Journal of Christianity & Education, 24(2), 241–242. https://doi.org/10.1177/2056997119888147
Ray, P. (2020). Campus Life: In Search of Community (Expanded Edition). International Journal of Christianity & Education.
Seng Lim, K. E., & Lattimore, K. C. (2012). Campus Life for International Students: Exploring Students’ Perceptions of Quality Learning Environment at a Private University. Higher Education Studies.
Setyawan, H. (2018). Kesadaran hukum mahasiswa terhadap aturan tentang area kawasan tanpa rokok (Studi di Kampus Universitas Negeri Surabaya). Image result for logo unesa png.
Smith, R. M. (2014). National Obligations and Noncitizens: Special Rights, Human Rights, and Immigration*. Politics & Society, 42(3), 381–398. https://doi.org/10.1177/0032329214543260
Soares, A. A., et al (2023). A Study of Legal Education Systems in Russia, India and Brazil: Issues and Suggestions for Global Education. Asian Journal of Legal Education, 10(1), 63-73. https://doi.org/10.1177/23220058221105255
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Ulfah , N., Safudin , E., & Hidayah, Y. (2021). Construction of Legal Education in College Education through Pancasila Education. Lambung Mangkurat Law Journa.
Ulfah , N., Safudin , E., & Hidayah, Y. (2023). Kajian Tentang Konsep Pendidikan Hukum Bagi Generasi Muda di Indonesia. Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aprillo Poppy Belladonna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.