MERANCANG MASA DEPAN PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI DAN INOVASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MEDAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Authors

  • Afifah Thaiyibah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mardiana Mardiana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29802

Keywords:

Kemajuan Teknologi, Kualitas Pendidikan Islam, Lembaga Pendidikan Islam, Indonesia Emas 2045.

Abstract

Indonesia saat ini masih dihadapkan dengan berbagai tantangan, seperti 1. Metode pembelajaran dibeberapa lembaga pendidikan Islam masih didominasi ceramah dan hafalan, sehingga kurang menarik dan interaktif bagi siswa, 2. Belum banyak diterapkan metode pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan merekomendasikan strategi dan inovasi untuk mengembangkan pendidikan Islam sehingga mampu menghadapi tantangan global menuju Indonesia emas 2045. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui study pustaka dan lapangan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan Lembaga Pendidikan Al-Hadi Medan menerapkan berbagai strategi dan inovasi untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan global dan mencapai Indonesia Emas 2045. Upaya tersebut meliputi penguatan kurikulum dan metode pembelajaran, membangun kerjasama dengan berbagai pihak, memanfaatkan TIK, mengembangkan budaya literasi, dan mempersiapkan peserta didik untuk masa depan. Strategi dan inovasi ini diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap berkompetisi di kancah internasional. Perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk menghasilkan model-model pembelajaran yang efektif dalam pendidikan Islam.

References

Aisyah, Nunung Nur, Rizki Oktaviani, Aditya Firmansyah, Yeni Indriyani, Rosinah Cristian Hadinata, Bambang Bahrul Ulum, Ririn Khairunnisa, et al. 2023. “Pendidikan Agama Islam Dan Kontestasi Keberagamaan.” Zahir Publisher, 336.

Bedard, Carol, Leigh van Horn, and Viola M. Garcia. 2011. “The Impact of Culture on Literacy.” Educational Forum 75 (3): 244–58. https://doi.org/10.1080/00131725.2011.577522.

Cahyani, Alya, and Siti Masyithoh. 2023. “Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasardi Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Rabwah 17 (01): 61–72. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.253.

Choli, Ifham. 2019. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2 (2): 35–52. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511.

Elfakhani, Said, and Zafar U. Ahmed. 2013. “Philosophical Basis of Entrepreneurship Principles Within an Islamic Ethical Framework.” Journal of Transnational Management 18 (1): 52–78. https://doi.org/10.1080/15475778.2013.752780.

Hakim, Lutfi. 2023. “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dengan Pendekatan Yang Kreatif Dan Cerdas.” SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5:74–98. jurnalstitnualhikmah.ac.id.

Isnaeni, Celyna, Septia Puspa, Dini Nur, Oktavia Rahayu, and Muhamad Parhan. 2023. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045.” Basicedu 7 (5): 3309–21.

Jackson, Liz. 2015. “Challenges to the Global Concept of Student-Centered Learning with Special Reference to the United Arab Emirates: ‘Never Fail a Nahayan.’” Educational Philosophy and Theory 47 (8): 760–73. https://doi.org/10.1080/00131857.2014.901161.

Lahmar, Fella. 2011. “Discourses in Islamic Educational Theory in the Light of Texts and Contexts.” Discourse 32 (4): 479–95. https://doi.org/10.1080/01596306.2011.601548.

Latifatma, Nadia, Kessy Ananda, Egi Pratama Putra Tanjung, Ulfa Fadhillah Thohir, Aprima Sonia, Dihra Ardaly Siregar, Cut Tarisa, et al. 2024. “Penerapan Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Pertama (Smp).” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 1 (2): 44–54.

Muljawan, Asep. 2019. “Model Dan Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Asy-Syukriyyah 20 (2): 51–69. https://doi.org/10.36769/asy.v20i2.81.

Muttaqin, Muhammad Fauzan, and Hofipah Rizkiyah. 2022. “Efektifitas Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 2 (1): 43–54. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.342.

Nailul Hidayah. 2022. “SISTEM KERJASAMA ANTARA DUDI DAN LPI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus SMK Vokasi Berbasis Industri Raden Umar Said Kudus).” Science 7 (1): 1–8. http://link.springer.com/10.1007/s00232-014-9701-9%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00232-014-9700-x%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmr.2008.11.017%0Ahttp://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1090780708003674%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11910031%0Ahtt.

Purnomo, Eko Nurhaji, Ali Imron, Bambang Budi Wiyono, Ahmad Yusuf Sobri, and Zummy Anselmus Dami. 2024. “Transformation of Digital-Based School Culture: Implications of Change Management on Virtual Learning Environment Integration.” Cogent Education 11 (1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2303562.

Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, and Syarah Veniaty. 2023. “Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Journal of Student Research 1 (1): 129–40. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960.

S. H. Christiansen, C. Juebei & D. Xiangyun. 2023. “Cross-Institutional Collaboration in Engineering Education – a Systematic Review Study.” European Journal of Engineering Education 48 (6). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/03043797.2023.2228727.

Safana Arti Sabira Nugraha dan Amiludin. 2017. “INOVASI METODE PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR BERBASIS CONNECTION SEBAGAI PENGEMBANGAN KARAKTER SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DALAM MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS 2045 Safana.” Jurnal Sains Dan Seni ITS 6 (1): 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1.

Suharyo, Suharyo, Subyantoro Subyantoro, and Rahayu Pristiwati. 2024. “Kecerdasan Buatan Dalam Konteks Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah: Membangun Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045.” Humanika 30 (2): 208–17. https://doi.org/10.14710/humanika.v30i2.60563.

Sulasmi, Siti. 2018. “Peran Variabel Perilaku Belajar Inovatif, Intensitas Kerjasama Kelompok, Kebersamaan Visi Dan Rasa Saling Percaya Dalam Membentuk Kualitas Sinergi.” EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan) 13 (2): 219–37. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2009.v13.i2.295.

Yusri, Yusnimar, and Khairul Amin. 2023. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam” 05 (03): 10040–52.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Thaiyibah, A. ., Nasution, I., & Mardiana, M. (2024). MERANCANG MASA DEPAN PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI DAN INOVASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MEDAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL MENUJU INDONESIA EMAS 2045. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 8291–8297. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29802

Similar Articles

<< < 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.