SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEBSITE DI SD NU 01 SUNAN KALIJAGA ADIWERNA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28921Keywords:
PPDB, Sistem, UML, WebsiteAbstract
SD NU Sunan Kalijaga merupakan instansi sekolah dasar dibawah naungan yayasan Sunan Kalijaga yang bergerak dalam bidang pendidikan. Saat ini SD NU 01 Sunan Kalijaga belum memanfaatkan sistem informasi sebagai penunjang manajamen sistem khususnya dalam hal pendaftaran. Sistem pendaftaranya masih secara manual, yaitu pendaftar datang ke SD NU 01 Sunan Kalijaga dengan membawa persyaratan dan pendaftar mengisi form pendaftaran dan menyerahkan berkas persyaratan. Dengan menggunakan sistem tersebut tentunya kurang efektif. Karena pendaftarharus pergi ke SD NU 01 Sunan Kalijaga dan admin harus menginput satu per satu data pendaftar secara manual. Hal ini dapat menyebabkan redudansi data, kehilangan data, dan ketidaksesuaian atau kesalahan data ketika pengumpulan dan perekapan data. Dalam penelitian ini metode analisis sistem melalui 3 tahapan yaitu : 1) survei terhadap sistem yang sedang berjalan 2) analisis terhadap temuan survey 3) identifikasi persyaratan sistem. Adapun perancangan sistem berorientasi pada objek yaitu dengan menggunakan UML yang terdiri : 1) Use Case 2) Activity Diagram 3) Sequence Diagram 4) Class Diagram. Sistem informasi PPDB ini berbasis website dengan menggunakan php dan MySQL. Dapat ditarik kesimpulan dengan adanya penelitian ini menghasilkan perancangan dengan 2 aktor yaitu Calon Siswa dan Pihak Sekolah atau Admin. Dengan adanya sistem ini diharapkan para calon siswa dan admin PPDB sekolah bisa bekerja lebih efektif. Sistem PPDB ini berbasis website karena agar bisa di akses semua orang tanpa harus menginstall sistem.References
Aisyah, R. A. (2013). Pengaruh Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki di Universitas Muhammadiyah Surabaya. 29–43.
Alodya, Ann Gita, Alfa., Rachmatin., D., & Fitriani, A. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modeling Partial Least Square. EruMatika, 5, 1–11.
Aly Jepriansyah, D. R. D. M. R. A. P. (2022). Determinasi Tingkat Penjualan Dan Kepuasan Pelanggan : Analisis Keputusan Pembelian Dan Teknik Marketing. ESCAF 1st , 3, 974–983.
Amstrong, Philip, G. &, & Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Prenhalindo.
Ansari. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ponsel merek samsung. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.
Ansofino, Jolianis, Yolamalinda, & Arfilindo, H. (2016). Buku Ajar. Ekonometrika. Deepublish.
Aprilisyana, N., Bustomi, T., & Achdiat. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik Amalia di Kabupaten Tegal. Skripsi Universitas Pasundan.
Apriyanti, M. E. (2020). Percaya Diri dan Berpikir Strategis Untuk Menghadapi Ketatnya Persaingan Bisnis. Jurnal Usaha, 1(2), 26–40.
Astuti Nuryadi, S, U. E., & M, B. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.
Firdausi, I. (2016). Pengaruh Inovasi Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe dengan Menu Unik. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Hasbullah, & Muchtar. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. JEBM, 18(4), 826–831.
Hatmawan, A. A., & Riyanto, S. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Cv Budi Utama.
Husnah, M., Batubara, I. W., Siregar, A. I. F., Rahmadhani, S., & Suhairi. (2022). Pengantar Pemasaran Global. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 923–926.
Indratama, M. B. W. (2021). Pengaruh Fasilitas Layanan Gojek Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Intan, F. (2016). Pengaruh Inovasi Produk, Daya Tarik Iklan Dan Persepsi Harga Keputusan Pembelian Pada Cafe Dengan Menu Unik (Studi Kasus Pada Cafe Tombo Ngelak Yogyakarta). In Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Janie, D. N. A. (2012). Statistik Deskriptif & regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang University Press.
Jatmika, D., & Andarwati, M. (2019). Pengaruh variabel marketing mix terhadap penerimaan siswa baru mts. di jombang. Seminar Nasional Sistem Informatika UNMER Malang, September, 1702–1707.
Karimah, C. Z. (2019). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Garansi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware di Surabaya. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Kotler, P. dan K. (2017). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. PT. Indeks.
Kurniawan, Widhi, A., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.
Mahmud, A. (2022). Analisis Pengaruh Promosi Digital Dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian. Jesya, 6(1), 258–271. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.921
Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J., & Rogi, M. H. (2021). Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era. Jurnal EMBA, 9(2), 110–121.
Nunghkolifah, M., & Satrio, A. (2021). Peran Motivasi Sebagai Mediator Dimensi Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pt . Netindo Solution Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 1(2), 501–515.
Pitoy, V., Tumbel, A., & Tielung, M. (2016). Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada Pt. Astragraphia, Tbk Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 302–312.
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Rahmi, P. P., & Purwanti, R. D. (2016). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembeli Produk Nu Green Tea pada PT ABC President Indonesia Cabang Garut. Jurnal Indonesia Membangun, 1(April), 122–138.
Silaban, S. E., & Sagala, R. (2019). Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken ( Kfc ) Simpang Mataram Medan. JRAK, 5(2), 209–228.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Sulaiman. (2018). Peran Harga Jual dan Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Super Murah di Marisa. Accountia, 2(2), 229–244.
Sumirat, Y. (2015). Pengaruh Pemasaran Interaktif Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Distro Dloops Bandung). Repository.Unisba.Ac.Id, 9.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Jasa. Penerbit Andi.
Wahyuningsih, F. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cilupbah Shop Palembang. Skripsi Universitas Islam Palembang.
Wardhanie, A. P., Hananto, V. R., & Ningsih, N. (2018). Strategi Promosi Pada Toserba Gandung Dan Sopongiro Surabaya. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(1), 44–50. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i1.31
Zamhuri, M., Valianti, R. M., & Damayanti, R. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger. Jurnal Manivestasi, 3(2), 228–240.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadia Zahrani Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.