PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28448Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS kelas VII-H. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-H SMPN 5 Jombang yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan pretest posttest untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada peserta didik kelas VII-H SMPN 5 Jombang melalui penerapan Problem Based Learning (PBL). Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu pada siklus I nilai rata-rata sebesar 63 sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 81. Pada hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan klasikal belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 70 dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yang mencapai 83.References
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka cipta.
Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1351
Burhana awaludin, dita octavianti, dkk. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(2),302–307. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v5i2.847
Jhonson, E. B. (2011). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Proses Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa
Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Parsa, S. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Pinisi Journal PGSD, 2798–9097.
Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Sewang, Anwar. 2015. Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media
Soima, I. Y., Surur, M., & Puspitasari, Y. (2021). PENERAPAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DI MA SARJI AR-RASYID. Visipena, 12(1). https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1459
Umar, M., Kurniawan, H., & Ummiya, R. (2021). Penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran elektronika mikroprosesor di kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.22373/crc.v5i1.8223
Yuniarsi, E., & Sapri, J. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21370
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jueta Ayu Valentin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.