PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR, REGULASI EMOSI, DAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMA KHAIRUNNAS GUNUNG ANYAR SURABAYA

Authors

  • Derisma Vita Noviyanti Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26713

Keywords:

Bimbingan Belajar, Regulasi Emosi, Metode Pemberian Tugas, Kejenuhan Belajar, Pelajar SMA Khoirunnas Gunung Anyar Surabaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan belajar, regulasi emosi, metode pemberian tugas terhadap kejenuhan belajar siswa SMA Khoirunnas Gunung Anyar Surabaya. Kejenuhan belajar menjadi kendala serius dalam mencapai tujuan akademik dan perkembangan siswa. Penelitian ini untuk menganalisis penyebab kejenuhan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa. Bimbingan belajar tidak hanya memberikan manfaat akademis tetapi juga membantu siswa secara psikologis mengatasi kejenuhan selama belajar. Program bimbingan belajar yang terstruktur dengan dukungan kepala sekolah, guru, dan wali mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif. Regulasi emosi juga terbukti berperan penting dalam mengurangi kejenuhan. Siswa dengan tingkat regulasi emosi yang tinggi lebih mampu mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rasa bosan dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya. Pemahaman mendalam tentang regulasi emosi dapat menjadi dasar merancang intervensi pendidikan yang efektif. Oleh karena itu, guru perlu memperhatikan variasi metode pembelajaran, memberikan dukungan dan bimbingan yang memadai, serta memberikan umpan balik yang membangun.

References

Akib, I. (2023). Nilai-Nilai Moral dan Kepedulian Pada Pendidikan Karakter di SD Islam Al Azhar 34 Makassar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 8(2), 5957-5976.

Darmawan, D. & R. Mardikaningsih. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Dengan Kualitas Komunikasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi. ARBITRASE: Jurnal Ekonomi dan Akuntansi , 3(1), 45-49.

Darmawan, D., F. Issalillah., E. Retnowati., & DR Mataputun. (2021). Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia , 4(1), 11-23.

Dinanti, ARP, A. Setyowati., & FM Ardini. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Pemecahan Masalah Untuk Mencegah Kejenuhan Belajar Siswa Kelas 8B SMP Negeri 4 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JECO), 3(2), 12-21.

Djazilan, M. S. & M. Hariani. (2022). Implementation of E-Learning-Based Islamic Religious Education, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 14-21

El Fiah, R. & AP Purbaya. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171-184.

Handoko, HP (2020). Layanan Bimbingan Konseling dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Kota Metro. Jurnal Dewantara , 9(01), 69-84.

Hanina, P., A. Faiz., & D. Yuningsih. (2021). Upaya Guru alam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu , 5(5), 3791-3798.

Harimurti, A. (2021). Refleksi, Diskresi, dan Narasi: Sejarah Perjumpaan dengan Psikologi . Pers Universitas Sanata Dharma.

Harimurti, A. (2021). Refleksi, Diskresi, dan Narasi: Sejarah Perjumpaan dengan Psikologi. Sanata Dharma University Press.

Hidayati, I., M. Mulawarman., & A. Awalya. (2017). Peningkatan Regulasi Emosi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia: Teori dan Penerapan, 6(4), 27-34.

Insani, SP, D. Darmiany., I. Nurmawanti., & AH Witono. (2023). Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 5(3), 66-72.

Kurnia, D. (2021). Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa pada Proses Belajar Online Faktor Faktor yang Melatarbelakangi dan Implikasinya pada Layanan Bimbingan Keluarga. Pengajaran: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 1(1), 1-10.

Lembong, D., S. Hutomo., & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan . IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Ludin, ABM (2010). Dasar Dasar Konseling . Penerbitan Perdana.

Mardikaningsih, R. (2014). Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya . Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.

Mardikaningsih, R. (2014). Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.

Masfufah, M. & D. Darmawan. (2023). The Role of Parents in Preventing Gadget Addiction in Early Childhood, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(3), 33–38.

Masnawati, E., N. D. Aliyah, M. S. Djazilan, D. Darmawan & Y. Kurniawan. (2022). Dynamics of Intellectual and Creative Development in Elementary School Children: The Roles of Environment, Parents, Teachers, and Learning Media, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 33-37.

Muna, NR (2016). Efektifitas Teknik Self Regulation Learning dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Insan Cendekia Sekarkemuning Cirebon. Holistik , 14(2).

Muslim, A. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visioner: Studi dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan , 8(2), 37-40.

Ndari, SS, A. Vinayastri., & K. Masykuroh. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Penerbit Pendidikan.

Nihayah, (2018), Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Kejenuhan Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Xi Di Sman I Gerung Kabupaten Lombok Barat, Jurnal el-Hikamah 12(1), 53-64

Nihayah, N. (2018). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Kejenuhan dalam Belajar pada Siswa Kelas XI di SMAN I Gerung Kabupaten Lombok Barat. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Studi Pendidikan Islam , 12(1), 53-64.

Praptiningsih, P., E. Yuliyanti., R. Rachmawati., & QL Rahmawati. (2022). Peningkatan Motivasi dan Bimbingan Belajar Masa Pandemi Covid-19 bagi Anak Sekolah di RW 12 Kelurahan Serengan Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Maspul, 4(1), 44-52.

Pristanti, NA, M. Irawan, & M. Miswanto. (2022). Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia: Teori dan Penerapan, 11(2), 93-104.

Pristanti, Nindya Ayu, Mirza Irawan & Miswanto (2022), Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Online, Jurnal unnes, 11, (2), 93-104

Rahayu, R. (2019). Peran Guru Pai, Wali Kelas dan Konselor BK dalam Pembinaan Perilaku Keberagamaan dan Dampaknya Terhadap Akhlak Siswa ( Studi di SMP Darul Hikam Bandung). Atthulab: Jurnal Pembelajaran Agama Islam , 4(1), 59-80.

Rahayu, R. (2019). Peran Guru Pai, Wali Kelas dan Konselor BK dalam Pembinaan Perilaku Keberagamaan dan Dampaknya Terhadap Akhlak Siswa (Penelitian di SMP Darul Hikam Bandung). Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 59-80.

Rinawati, D. & EK Darisman. (2020). Pengawasan Tingkat Kejenuhan Siswa SMK Belajar di Rumah Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Selama Masa Pandemi Covid19. Jurnal Sains dan Pendidikan, 1(1), 32-40.

Ristanti, A., S. Sukaesih., & D. R. Indriyanti. (2013). Hubungan Bimbingan Belajar Swasta dengan Hasil Belajar Biologi. Journal of Biology Education, 2(2), 196-204.

Ristanti, A., S.Sukaesih., & DR Indriyanti. (2013). Hubungan Bimbingan Belajar Swasta dengan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi , 2(2), 196-204.

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak , 4(1), 85-102.

Rulita, M., S. Wardhani., & AW Sumah. (2021). Analisis Kejenuhan dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pelajaran Biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim:(Analisis Siswa; Kejenuhan dan Minat Belajar Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim). BIODIK , 7(4), 95-106.

Saragih, MPD, BP Zupit., & MI Indraji. (2023). Pelayanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Permasalahan Sosial Remaja (Studi Kasus SMK An-Naas Binjai). Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora , 7(1), 111-114.

Saroinsong, B. & E. A. Sinambela. (2014). Uji Beda Hasil Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Ceramah dan Metode Pembelajaran Simulasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 33-42.

Seibert, GS, Bauer, KN, Mei, RW, & Fincham, FD (2017). Regulasi Emosi dan Kinerja Akademik yang Buruk: Peran Kelelahan Sekolah. Pembelajaran dan Perbedaan Individu , 60, 1-9.

Sinaga, J., R. Woran., & JL Sinambela. (2021). Pendidikan Karakter di Era Milenial: Menjawab Tantangan Global dan Lokal. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen , 3(2), 94-100.

Siregar, FZ & SW Ulfa. (2022). Analisis Pembelajaran Tatap Muka Berskala Terbatas Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas X SMA pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus , 8(2), 442-450.

Siregar, P. (2022). Gambaran Regulasi Diri pada Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional di Universitas Jambi. (Disertasi Doktor, Psikologi).

Supriatna, A., & AA Quthbi. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Kenampakan dan Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia. Jurnal Tahsinia , 2(2), 158-172.

Supriatna, I., ND Yuliawati., & W. Firmansyah. (2017). Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 4(1), 10-18.

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori . Bumi Aksara.

Ummat, L.S. & E. Retnowati. (2022). The Influence of Social Capital, Intrinsic Motivation, Self-Esteem on Student Learning Outcomes, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 25-30.

Widuri, EL (2012). Regulasi Emosi dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Kemanusiaan , 9(2), 147.

Yuhana, AN, & FA Aminy. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Studi Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.

Yusuf, PM, & IF Kristiana. (2018). Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Prososial Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Empati , 6(3), 98-104.

Downloads

Published

2024-03-17

How to Cite

Noviyanti, D. V. ., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. . (2024). PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR, REGULASI EMOSI, DAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMA KHAIRUNNAS GUNUNG ANYAR SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3717–3729. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26713