MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN 101751 KLAMBIR LIMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26541Keywords:
Akhlak, peserta didik, Pendidikan Agama Islam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatkan akhlak peserta didik melalui pendidikan agama Islam khususnya pendidikan akhlak di kelas V SDN 101751. Pada saat kegiatan pembelajaran pendidik tidak hanya memberikan ilmu saja, namun harus menunjukkan aspek mendidik akhlak kepada peserta didik. Oleh sebab itu upaya yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan akhlak harus tepat dan berhasil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena pendekatannya berdasakan bukti-bukti kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlunya pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik, agar menjadi peserta didik yang tidak hanya pintar tetapi juga berakhlak.References
Abu Ahmadi, M. S. (2005). Psikologi Perkembangan (p. 1). Rineka Cipta.
Ara Hidayat dan Imam Machi. (2012). Pengelolaan Pendidikan (p. 63). Kaukaba.
Departemen Agama RI. (2003). Al Quran dan Terjemahnya (p. 143). Diponegoro.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Remaja Rosdakarya.
Efda, A. D. (2018). … Guru dan Peserta Didik Melalui Pendidikan Multikultural dalam Membangun Komunikasi Harmonis (Studi Kasus di Sekolah Multikultural Yayasan Perguruan Sultan …. repositori.usu.ac.id. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/8057
Fajar Alamsyah, Sitti Nuralan, J. (2020). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SD NEGERI 23 TOLITOLI. NUSANTARA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 20–26.
Huda, M. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalammengembangkan Pendidikan Multikultural. Jurnal Kajian Pendidikan Islam.
Kholidah, A. M. N. dan L. N. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Refika Aditama.
Masganti Sit. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Perdana Publishing.
Mashuri, S. (2021). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Daerah Pasca Konflik. In Pendidikan Multikultural.
Nino Indrianto. (2020). Pendidikan Agama Islam Interdisipliner untuk Perguruan Tinggi. Deepublish.
Opan Arifudin. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Widina Media Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilada Afni Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.