PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DI KELAS V SDN 9 TAPAKTUAN

Authors

  • Miftahul Khairi STAI Tapaktuan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.25985

Keywords:

Aktivitas, Panas Dan Perpindahan, Media Komik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik yang disebabkan oleh beberapa factor, seperti halnya penggunaan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui penggunaan media Komik pada materi Panas dan Perpindahannya. Metode yang digunakan adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada satu kelas yaitu Kelas V SDN 9 Tapaktuan dengan jumlah 28 peserta didik. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Analisis data untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan nilai aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 52 % dan meningkat pada siklus II sebesar 97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada materi Panas dan Perpindahannya dengan menggunakan media Komik menjadikan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar, dikarenakan komik memiliki daya tarik dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi ajar.

References

Abd Rahman BP, Sabhayati Asri Munandar; Andi Fitriani; Yuyun Karlina & Yumrian (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. 2(1), 2775-4855

Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2018). Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran Ips (Ekonomi) Di SMP. Jurnal Ecogen, 1(2), 439.

Ekajayanti Kining , Aminullah. (2021) Pengaplikasian Media Pembelajaran Komik Bergambar Dalam Mengoptimalkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sdn 5 Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 2721-7957

Desy Primayani Rizana (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Sd Melalui Pengelolaan Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Manajer Pendidikan. 11(2) 1979-732X

Fajrin, E. R., & Mulyani. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Tema Indahnya Negeriku Di Sekolah Dasar. JPGSD, 03(02)

Ignas. (2014). Membuat Komik Strip Online Gratis (Ignas (ed.); 1st ed.).

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42.

Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian, Jakarta : PT Rineka Cipta

Susilayati, Muslimah; 2010. Penelitian Tindakan Kelas: Pontianak: Wanda Putra Persada

Suginam, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di SD Negeri 4 Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(2), 41–48.

Wina Sanjaya, (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Khairi, M. . (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DI KELAS V SDN 9 TAPAKTUAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4320–4323. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.25985

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.