PEMBUATAN SLIDE EVALUASI PEMBELAJARAN MULTIPE CHOICE MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT BERBANTUAN VBA (VISUAL BASIC APPLICATION) DI SMA NEGERI 1 JUNJUNG SIRIH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25745Keywords:
Media Evaluasi Pembelajaran, Multipe Choice, VBA (Visual Basic Aplication).Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menghasilkan media Slide Evaluasi Pembelajaran Multipe Choice, praktis dan efektif agar dapat diterapkan sebagai media Slide Evaluasi Pembelajaran Multipe Choice pada mata pelajaran fisika kelas X. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Junjung Sirih tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 35 siswa. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang dipakai adalah angket validasi, lembar uji praktikalitas dan lembar uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media Slide Evaluasi Pembelajaran Multipe Choice sebesar 0,7 dengan kategori valid. Kepraktisan media Slide Evaluasi Pembelajaran Multipe Choice dari lembar uji praktikalitas sebesar 0,824 dengan kategori sangat tinggi dan lembar uji efektivitas sebesar 0,739241 dengan kategori efektivitas tinggi.References
N. Fajri, N. Fajri, A. Akbar, and S. Zakir, “Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Evaluasi Pembelajaran PAI Pada Materi Masuknya Islam Ke Nusantara Di Kelas IX Di SMP N 1 Banuhampu Kabupaten Agam,” J. Kaji. dan Pengemb. Umat, vol. 4, no. 2, Dec. 2021, doi: 10.31869/jkpu.v4i2.3040.
J. Pendidikan, A. Islam, F. Tarbiyah, I. Keguruan, I. Batusangkar, and D. Efendi, “Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Gamifikasi Quizizz dalam Pembelajaran di MAN 5 Agam,” at-Tarbiyah al-Mustamirrah J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 90–98, Nov. 2022, doi: 10.31958/ATJPI.V3I2.7626.
“Pengertian Fungsi dan Cara Kerja Google Form.” https://www.buatkuingat.com/2020/11/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-google-form.html (accessed Aug. 14, 2022).
“Evaluasi Pembelajaran - Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” https://digilib.uinsgd.ac.id/2336/ (accessed Aug. 06, 2022).
R. Okra, Y. N.-J. E. J. of, and undefined 2019, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan,” ejournal.iainbukittinggi.ac.id, Accessed: Dec. 05, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/educative/article/view/2340.
D. Rosmayanti and L. S. Zanthy, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL BASIC APPLICATION POWERPOINT PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 2, no. 6, pp. 401–414, Oct. 2019, doi: 10.22460/JPMI.V2I6.P401-414.
M. N. Naldo, S. Supriadi, H. A. Musril, and S. D. S. Derta, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK GENUS Bukittinggi,” Intellect Indones. J. Learn. Technol. Innov., vol. 1, no. 1, pp. 52–65, Jun. 2022, doi: 10.57255/INTELLECT.V1I1.46.
M. Adri, T. Wahyuni, S. Zakir, J. J.-I. J. of, and undefined 2020, “Using ADDIE instructional model to design blended project-based learning based on production approach,” researchgate.net, vol. 29, no. 06, pp. 1899–1909, 2020, Accessed: Dec. 20, 2022. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Adri/publication/341178504_Using_ADDIE_Instructional_Model_to_Design_Blended_Project-Based_Learning_based_on_Production_Approach/links/5eb26c71299bf18b9599ae4b/Using-ADDIE-Instructional-Model-to-Design-Blended-Project-Based-Learning-based-on-Production-Approach.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Paramitha Diana Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.