MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI UPT SD NEGERI 176 BOTTOTANRE KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25294Keywords:
Kompetensi Guru, Manajemen Sumber Daya ManusiaAbstract
Artikel ini merupakan hasil studi lapangan di UPT SD Negeri 176 Bottotanre tentang manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan kompetensi guru di sana. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yakni guru yang belum memiliki kompetensi yang cukup dalam mengajar menjadi masalah yang ada di SD ini, sehingga para peserta didik banyak yang bicara sendiri, mengganggu temannya yang lain serta banyak yang keluar masuk tanpa minta ijin terhadap gurunya. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan, pengecekan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen sumber daya manusia bertanggung jawab atas berbagai tugas, termasuk perencanaan, pengorganisasian, dan pelatihan guru agar dapat meningkatkan kompetensi yang dimilikinya.References
Akilah, F. (2018) ‘Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan’, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), pp. 518–534.
Annisa, N. (2022) ‘Kompetensi Seorang Guru Dan Tantangan Pembelajaran Abad 21’.
Astagini, R.A., Nadifah, N.I., Luwihta, A. . (2022) ‘Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru’, AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), pp. 32–43.
Dacholfany, M. I. (2017) ‘Inisiasi strategi manajemen lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia islami di Indonesia dalam menghadapi era globalisasi’, At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1).
Hasibuan, M. S. . (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ilham, I. P. S. (2022) ‘MPLEMENTASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN YANG IDEAL DI SDN 26 DOMPU’, eL-MuhbibJurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), pp. 79–90.
Khairiah (2021) Kinerja Guru Dalam Perspektif Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja IAIN Bengkulu.
Leonard, L. (2016) ‘Kompetensi Guru di Indonesia: ANalisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya.’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).
Merlita, L. and , Yunus, Damas Ahmad, Emawanalu, R. (2023) ‘Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah di Bengkulu’, Al-Khair Journal?: Management, Education, and Law, 3(2), pp. 255–264. doi: 10.29300/kh.v3i2.13484.
Mulyasa (2014) Manajemen Berbasis Sekolah (KOnsep, Strategi dan Implementasi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurmalasari, I., & Karimah, D. . (2020) ‘Peran Manajemen SDM dalam Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidik’, MANAGERE: INdonesian Journal of Educational Management, 2(1), pp. 33–34.
Nuryani, D., & Handayani, I. (2020) ‘Kompetensi Guru di Era 4.0 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Sakban, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2019) ‘Manajemen SUmber Daya Manusia’, Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(1), pp. 93–104.
Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021) ‘Potret Kesenjangan Pembelajaran Jarak Jauh’, JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).
Tjuju Yuniarsih and Suwatni (2013) Manajemen SUmber Daya Manusia (Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian). Bandung: Alfabeta.
Utamy, R., Ahmad, S. and Eddy, S. (2020) ‘Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia’, Journal of Education Research, 1(3), pp. 225–236. doi: 10.37985/jer.v1i3.2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erviana Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.