PENGARUH PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA DAN KEDUA ANAK TERHADAP KESALAHAN BERBAHASA TINGKAT FONOLOGI

Authors

  • Gita Apriliana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Irwan Sukma Universitas PGRI Yogyakarta
  • Mita Aryana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Nurul Maharani Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24602

Keywords:

Pemerolehan Bahasa, Bahasa Pertama Anak, Bahasa Kedua Anak, Fonologi.

Abstract

Pemerolehan bahasa pertama anak melalui proses yang bertahap dan berkesinambungan dengan melibatkan pengajaran maupun pembelajaran yang diperoleh dari bahasa ibunya dan lingkungan keluarga. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan anak maka akan memperoleh bahasa kedua dari proses pembelajaran bahasa ketika di sekolah dan lingkungan sosial. Fonologi menjadi aspek penting sebagai awal dalam pemerolehan bahasa seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran fonologi dalam pembelajaran bahasa anak dan penggunaan bahasa pertama dengan bahasa kedua bagi perkembangan bahasa yang efektif pada tahap berpikir kritis anak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah pengumpulan data kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara kemudian menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan yang aktif memberikan interaksi dengan anak melalui percakapan dengan masyarakat sekitar, teman sebaya, dan keluarga terutama orang tua. Anak cenderung memiliki kemampuan berbahasa yang baik namun dengan memperhatikan pada aspek pengucapan, pelafalan kata, dan susunan kalimat yang benar agar tidak terjadi kesalahan dalam penuturan kata. Pembelajaran bahasa yang efektif sangat penting bagi anak-anak, karena membantu mereka mengembangkan keterampilan bahasa dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka

References

Al-Rasyid, Alya Adhwa Maris, and Irwan Siagian. "Struktur Bahasa Indonesia Dan Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini." Innovative: Journal Of Social Science Research 3.3 (2023): 6262-6274.

Batubara, H. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. Kode: Jurnal Bahasa, 10(4).

Habibi, Ainun. "Pemerolehan Bahasa Pada Anak." EDULITERA 1.1 (2023): 8-11.

Akbar, R. Z., Janah, F., & Siagian, I. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Pertama pada Usia 2-3 Tahun: Kajian Fonologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10303–10318.

Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741

Antara. (2017). Fonem Anak Desain Pemerolehan Bahasa Pertama Studi Kasus Tentang Pemerolehan Fonem Anak Pada Periode Praoperasional. Jurnal Purwadita, 1, 49–56.

Aruwiyantoko, A. (2023). Pengaruh Bahasa Ibu (B1) Terhadap Pemerolehan Bahasa Kedua (B2). Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(7), 441–447. https://doi.org/10.5281/zenodo.8254283

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202

Chaer, A. (2020). Fonologi Bahasa Indonesia (Indonesian Phonology). In Rineka Cipta, Jakarta (Issue 1).

Fauziah Nasution, Siregar, A., Arini, T., & Vira Ulfia Zhani. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.

Habsari Rahayu, & Bambang Yulianto. (2013). Pemerolehan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Indoensia Pertama Anak Usia 3-4 Tahun. NBER Working Papers, 89.

Hartono, M. R., Wahjuningsih, E., & Widowati, K. (2021). Wahana?: Tridarma Perguruan Tinggi. Wahana: Tridarma Perhuruan Tinggi, 73(2), 119–133.

Hotima, C. (2021). Pengaruh bahasa baku terhadap pemerolehan bahasa anak usia 7-8 tahun: kajian psikolinguistik. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 206–2018.

Indah, R. N. (2011). Proses Pemerolehan Bahasa: Dari Kemampuan Hingga Kekurangmampuan Berbahasa. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.18860/ling.v3i1.570

Jambi, M. U., Jambi, M. U., Jambi, M. U., Jambi, M. U., Jambi, D. U., & Jambi, D. U. (n.d.). PENDAHULUAN Bahasa menjadi salah satu alat untuk manusia berkomunikasi, dengan bahasa manusia akan lebih mudah untuk berkomunikasi. Manusia merupakan mahluk sosial yang saling berinteraksi satu sama lain. Komunikasi digunakkan untuk menyampaikan maksud te.

Kapoh, R. J. (2018). Beberapa Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemerolehan Bahasa. Interlingua, 4, 87–95.

Kecamatan, G., & Kabupaten, G. (2021). 3 1,2,3. 156–161.

Khairun Nisyah, O., & Hudiyono, Y. (2023). Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini (Pemerolehan Fonologi Pada Anak 2 Tahun). Online) Journal of Educational and Language Research, 2(6), 2807–2937.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Miolo, M. I. (2023). Kajian Teoritis?: Pemerolehan Bahasa Pertama dan Kedua. 13(2), 525–542. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.525-542.2023

Mulyaningsih, I. (2010). Teori Koneksionisme Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua Anak Usia Dini. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 207–220.

Pratama, D. (2023). Pengaruh Bahasa Pertama Terhadap Proses Belajar Bahasa Kedua. Jurnal Komposisi, 6(1), 1. https://doi.org/10.53712/jk.v6i1.1779

Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500

Sari, M., & Effendi, D. (2022). Analisis Kajian Fonologi Pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 78–88. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.8043

Sari, N. W. A. P., & Pratiwi, H. A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 5 Tahun (Sebuah Kajian Studi Kasus). Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 709–714.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sundari, H. (2016). Pengaruh Input Bahasa Orang Tua Terhadap Kompleksitas Bahasa Anak: Studi Kasus Pada Anak Usia 5 Tahun Melalui Interactive Shared Reading. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 110. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i1.3067

Wijayanti, L. M. (2021). Penguasaan Fonologi dalam Pemerolehan Bahasa. Absorbent Mind, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i1.783

Yusuf?, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak?. Yin Yang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 11(01), 50. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang /article/view/826

Zulkhi, Muhammad Dewa, dkk. “Pemerolehan Bahasa Anak di Sekolah Dasar.” Repositori

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Apriliana, G. ., Sukma, I. ., Aryana, M. ., & Maharani, N. . (2024). PENGARUH PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA DAN KEDUA ANAK TERHADAP KESALAHAN BERBAHASA TINGKAT FONOLOGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 609–616. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24602

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.