PENGELOLAAN MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK TABARAK DELITUA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24422Keywords:
Manajemen, Perencanaan, Pendidik, Tenaga KependidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan TK Tabarak Delitua dalam mengelola manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu kepala sekolah dan empat orang guru. Pengumpulan data berupa wawancara dengan guru dan kepala sekolah dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Pengumpulan data mengguakan teknik wawancara dengan narasumber dan observasi terhadap guru, kepala sekolah dan lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapati pengelolaan manajemen TK Tabarak Delitua terhadap pendidik dan tenaga kependidikan melalui kegiatan pemberian pelatihan baik secara internal maupun eksternal, seperti mengikuti diklat, pelatihan, workshop, dan seminar. Guru dan Kepala sekolah TK Tabarak Delitua diberikan tugas dan tanggung jawab dalam mengelola peserta didik, pengembangan, pengawasan dalam proses pendidikan serta administrasi. Selain itu, pengelolaan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di TK Tabarak Delitua menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang meliputi, (1) perencanaan, (2) perekrutan, (3) pembinaan dan pengembangan, dan (4) manajemen kinerjaReferences
Febrianti, Y. F., & Pulungan, R. 2021. Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia pada Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 45. https://jurnallp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/752.
Hidayat,Rahmat. 2016. Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Medan: LPPI
Idris, Ridwan. 2014. Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya di Sekolah. Makassar: Alauddin University Press
Jalongo, M. R. 2021. The Effects of COVID-19 on Early Childhood Education and Care: Research and Resources for Children, Families, Teachers, and Teacher Educators. Early Childhood Education Journal, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01208-y
Kholifah, Putri, E., Setiawan, F., & Fitri., N. L. 2022. Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan.
Kurniawan, S. 2016). Sekolah Progresif. Jurnal At-Turats 10, No. 1. https://doi.org/10.24260/at-turats.v10i1.446
Manullang, M. 2000. Manajemen Personalia, Edisi 3. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Masyhud, M. Sulthon. 2007. Modul Pengembangan Profesi Kependidikan Bagi Pengawas Sekolah. Jember: FKIP Universitas Jember
McMullen, M. B., Lee, M. S. C., McCormick, K. I., & Choi, J. 2020. Early childhood professional well-being as a predictor of the risk of turnover in childcare: A matter of quality. Journal of Research in Childhood Education, 34(3), 331–345.https://doi.org/10.1080/ 02568543.2019.1705446
Muhaimin. 2009. Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers
Mulyasa, H. E. .2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Siregar, M. T., Winke, S., Doni, S., Anik, N. 2018. Bahan Ajar Teknologi laboratorium medik (TLM): Kendali Mutu. Pusat pendidikan sumberdaya manusia badan pengembangan dan pemeberdayaan sumber daya manusia kesehatan. Kemenkes.
Suyadi. 2011 Manajemen PAUD TPA-KBTK/RA Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




