PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS MASJID(STUDI KASUS MASJID AL-MA’RUF KOTA PEKANBARU)

Authors

  • Diffa Pebriani Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ummi Kalsum Az- Zahra Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nur'Adilla Asfi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rika Aprillia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Shinta Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24106

Keywords:

Pemberdayaan masyarakat, Pendidikan, Pengelola masjid

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami program pendidikan yang dilaksanakan oleh masjid. Masjid Al-Ma'ruf yang terletak di Jl. Sukakarya kota Panam Pekanbaru merupakan salah satu contoh masjid produktif yang programnya aktif  setiap hari. Masjid ini dikelola oleh pengurus masjid yang disiplin dan jujur. Penelitian ini diselidiki dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa program pelatihan dilaksanakan secara aman dan menyeluruh, serta sumber daya keuangan dikelola dengan baik dan benar. Pengelolaan masjid ini dilakukan secara profesional dengan menggaji pengurus masjid. Setiap hari Jumat ada laporan seluruh kegiatan dan berapa zakat, infaq atau wakaf yang diterima serta pengeluaran masjid. Studi ini menggambarkan bagaimana pendidikan dipraktikkan tidak hanya di sekolah tetapi juga di lingkungan masyarakat dan keluarga. Namun sebagian besar masyarakat memahami bahwa pendidikan  hanya bersifat formal dan dilakukan di sekolah. Jarang sekali kita berpikir bahwa pendidikan mencakup secara luas  seluruh struktur kehidupan yang ada, termasuk pendidikan non-formal dalam masyarakat itu sendiri. Seperti halnya Masjid Al-Ma'ruf, mereka sudah menyelenggarakan kegiatan seperti kajian magrib rutin untuk siswa SD, SMP, dan SMA yang dimulai setelah salat magrib  setelah salat Isya. Pernyataan tersebut mengajak anak-anak untuk turut serta berjamaah dalam shalat Maghrib dan Isya.

References

Abdillah, Asep, and Isop Syafe’i. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di SMP Hikmah Teladan Bandung.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17(1):17–30. doi: 10.14421/jpai.2020.171-02.

Amir Husin, Asmarika, Aulia Fitri, Wismanto, Syukri. 2023. “Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Di Masjid Nurul Haq Kecamatan Marpoyan Damai Kelurahan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru.” 4(3):5656–60.

Amir Husin, Asmarika, Mardhiah, Syukri, Wismanto. 2023. “Pendampingan Bimbingan Sholat Kepada Anak-Anak TPQ Mukhlisin Di RT 01 RW 22 Kelurahan Sidomulyo Barat Kec . Tuah.” 7:207–12.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, Wismanto. 2022. “PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR.” 11:301–8.

Aswidar, Rika, and Siti Zahara Saragih. 2022. “Karakter Religius,Toleransi, Dan Disiplin Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6(1):134. doi: 10.23887/jipp.v6i1.43373.

Aulia Ramdanu, and Abdul Hayyie Alkattani. 2023. “Tawazun Kepemimpinan Nabi Muhammad Shalallahu ‘ Alahi Wasallam Dalam Sistem Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam 16(1):101–101. doi: 10.32832/tawazun.v16i1.8239.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. 2022. “Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI 8:100–110.

Elbina Saidah Mamla, Wismanto. 2021. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1(2):16.

Fitri, Aulia, Mukh Nursikin, and Wismanto Amin, Khairul. 2023. “Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 5(3):9710–17.

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, Rieskha Tri Adilah. EM. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” 4(6):1734–10351.

Husin, Gusti Irhamna. 2018. “Pemikiran Tentang Sistem Dan Kelembagaan Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah Pada Periode Mekkah Dan Periode Madinah.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 11(24):69–88. doi: 10.35931/aq.v0i0.11.

Isnaini, Muhammad, Isran Bidin, Bambang Wahyu Susanto, and Ilham Hudi. 2023. “Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT.” 05(04):11539–46.

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Pebriani, D. ., Zahra, U. K. A.-., Asfi, N. ., Aprillia , R. ., & Azizah, S. N. . (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS MASJID(STUDI KASUS MASJID AL-MA’RUF KOTA PEKANBARU). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 248–253. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24106

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.