PROTOTYPE SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN PASIEN PUSKESMAS NILAM SARI KOTA BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24064Keywords:
Prototype, Sistem, Pengaduan , Pasien , Puskesmas.Abstract
Puskesmas Nim Sari salah satu puskesmas yang teletak di kota Bukittinggi di mana pada saat sekarang ini puskesmasn harus melakukan inovasi perubahan dalam bidang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Pada saat ini terwujudnya kesejahteraan untuk masyarakat dalam bidang kesehtan salah satunya Puskesmas Nilam Sari Konsep Smart City dalam bentuk pengaduan masyarakat apakah pasien puas dalam melakukan kunjungan ke Puskesmas Nilam Sari. Kerangka kerja penelitian yang di lakukan saat ini terdiri dari identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data pasien , analisa dan perancangan prototype, dan pembuatan laporan. Metode pengembangan sistem penulis melakukan rancangan Diagram Konteks, Diagram Level Nol (Zero), Diagram Level 1 Proses 1.0 dan prototype. Dengan adanya sistem Pengaduan Pasien Puskesmas Nilam Sari Kota Bukittinggi pasien di harapkan dapat memudahkan antara masyarakat untuk mengirimkan pengaduan kepada Puskesmas Nilam Sari Kota Bukittinggi. Dengan adanya sistem layanan pengaduan Pasien Puskesmas Nilam Sari, Puskesmas dapat mengetahui keluhan Pasien pada saat kunjungan berobat untuk menyampaikan masukan saran secara langsung apakah pelayanan memuaskan apa tidak . Penelitian ini menghasilkan sebuah Prototype Rancangan Sistem Informasi Pasien Puskesmas Nilam Sari Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan sebuah contoh dari Sistem Informasi Pasien Puskesmas Nilam Sari Kota Bukittinggi Berbasis Lokal pada Pasien Puskesmas Nilam Sari sehinga apabila di gunakan aplikasi system layanan pengaduan ini petugas dapat mengevaluasi pelayanan di Pasien Puskesmas Nilam Sari Kota Bukittinggi agar pelayanan menjadi efisien dan efektif untuk perkembangan pelayanan di Pasien Puskesmas Nilam Sari Kota Bukittinggi.References
Romero, Althaf Naufal, Sri Ratna Suminar, And Asep Hakim Zakiran. "Pemenuhan Hak Pasien Bpjs Dalam Mendapatkan Pelayanan Antidiskriminasi Dihubungkan Dengan Uu Rumah Sakit." Jurnal Riset Ilmu Hukum (2023): 31-36.
Prayogo, Prayogo. "Perancangan Sistem Aplikasi Pengaduan Warga Berbasis Android Di Kelurahan Cimone." Journal Of Innovation And Future Technology (Iftech) 5.2 (2023): 134-143.
Ananda, Rusda, Risna Damayanti, And Rizky Maharja. "Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan." Jurnal Keperawatan Profesional (Kepo) 4.1 (2023): 9-17.
Yuliaridha, Wika Descha, Rosidi Roslan, And Sobar Darmaja. "Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Cihara Kabupaten Lebak Tahun 2022." Jurnal Sehat Mandiri 18.2 (2023): 24-34.
Nurmala, A., Muhallim, M., & Sulaeman, B. (2023). Aplikasi Rekam Medis Dan Pengaduan Pasien Berbasis Android Puskesmas Lamasi Timur. Dewantara Journal Of Technology, 4(1), 27-38.
Nurmala, Auliya; Muhallim, Muhlis; Sulaeman, Budiawan. Aplikasi Rekam Medis Dan Pengaduan Pasien Berbasis Android Puskesmas Lamasi Timur. Dewantara Journal Of Technology, 2023, 4.1: 27-38.
Suparti, H. (2023). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien Bpjs (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Pada Poli Kesehatan Ibu & Anak Di Puskesmas Bintang Ara. Japb, 6(2), 574-584.
Wida, W., & Ida, I. J. F. (2023). Efektivitas Dan Efisiensi Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Dtp Gununghalu. Ekonomika45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(1), 195-209.
Anzar, M., Afni, N., & Afaldi, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Tinombo. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(7), 765-772.
Simamora, Maria Lusi. Analisis Pelayanan Kesehatan Terhadap Pengguna Bpjs Di Puskesmas Saitnihuta Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ridho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.