KONSEP DASAR PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PANDANGAN HADITS TARBAWI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23787Keywords:
Kedudukan Hadis, Konsep Pembelajaran Pendidikan Islam, Analisa Hadis PendidikanAbstract
Hadits memberikan penjelasan yang lebih eksplisit untuk pelaksanaannya, menjadikannya sebagai inti dan dasar dari konsep, kerangka kerja, dan desain pendidikan agama Islam. Umat Islam harus memperluas gaya hidup dan kerangka kerja mereka untuk mencakup berbagai aktivitas baru. Studi tentang tradisi pendidikan mencakup diskusi tentang dasar-dasar pendidikan Islam, kewajiban, tujuan, lembaga, sumber daya, pedagogi, pendidik, siswa, guru, pelatihan pedagogi, dan evaluasi pendidikan perempuan. Kesepuluh prinsip ini membentuk fondasi di mana pendidikan agama Islam berdasarkan tradisi Nabi dapat dibangun. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif berbasis tinjauan literatur. Sebagai hasilnya, penulis menggunakan pendekatan dokumentasi untuk mengumpulkan data, yang mengharuskan membaca dan meneliti berbagai sumber seperti catatan, dokumen, transkrip, buku, majalah, dan sebagainya.References
Ananta, Rezky Alsyah & Nurdin & Rahmawati & Fauziah,Siti. (2022). Konsep dan praktik pendidikan Islam dalam al-Qur’an:Studi Tafsir Tarbawi, Gunung Djati Converence Series, Vol:9
Abi Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn al-Mughirah ibn Bardzabat al-Bukhari al-Ju’fi, Shahih al-Bukhari (t.tp: Dar Ibn Katsir, 1987), 1318.
Abdullah, Abdurrahman Saleh. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, terj. H.M. Arifin dari judul asli, Educational Theory: Qur’anic Outbook, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Arifin, M. Zainal, Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik dan Prosedur (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010), 166.
Al-Asqalani, Ahmad Ibn Hajr, Fath al-Bari bi Syarhi Shahih al-Bukhari; Kitab Iman Juz I (Kairo: Dar al-Hadits, 2004), 142.
Darmalaksana, W. (2011). Pendidikan Karakter dalam Pandangan RZ Fananie . Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya.
Darmalaksana, W., & Ratnasih, T. (2022). Realitas Masyarakat 5.0 Perspektif Pendidikan Modern KH. Zainuddin Fananie. Journal of Innovation Research and Knowledge.
Nata, Abbuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.
Nata, Abbuddin, Konsep Pendidikan Ibn Sina (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2004), 78.
Nizar, Samsul dan Zainal Efendi Hasibuan. Hadits Tarbawi: Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasulullah saw, Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
Qowim, A. N. (2020). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur'an): Jurnal Pendidikan Islam.
Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian; Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Sudirman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. VII; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000), h. 53
Tindani, Nur Karim. (2021). Efektivitas Pembelajaran:Studi Pada Mentoring PAI STMIK Jabar. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jipai/article/view/11605/pdf
Yusuf, Muhammad. Konsep Dasar dan Ruang lingkup Pendidikan Islam, 2(1), Jurnal Pendidikan Agama Islam, Bacaka, vol:2, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zen Anwar Saeful Basyari, Mulyawan Safwandy Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




