UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONG SERVICE FOREHAND BULUTANGKIS MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 52 MAKASSAR

Authors

  • Benny Badaru Universitas Negeri Makassar
  • Suwardi Suwardi Universitas Negeri Makassar
  • M. Adam Mappaompo Universitas Negeri Makassar
  • Muh, Adnan Hudain Universitas Negeri Makassar
  • Andi Siti Nurhalizah Asdar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22096

Keywords:

Latihan Drill, Latihan Inclusi, Koordinasi Mata Tangan dan Dribbling Bolabasket

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 kali siklus yaitu siklus I dan siklus II sebagai siklus lanjutan untuk perbaikan hasil siklus sebelumnya. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 52 Makassar dengan jumlah 33 orang dengan siswa putra 18 siswa dan siswa putri 15 siswa. Penilaian dalam penelitian ini mencakup 3 ranah antara lain: Kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian diperoleh melalui observasi atau pengamatan yang dilakukan peneliti pada setiap siklus. Pada siklus I menunjukan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 52 Makassar dengan kategori 26 orang siswa tuntas dengan presentasi hasil 79% sedangkan pada siklus II siswa kelas VIII dengan kategori 33 orang siswa tuntas dengan presentasi hasil 100%. Oleh sebab itu, penelitian dengan menggunakan metode dril pada materi long service forehand pembelajaran bulutangkis dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan passing atas siswa kelas VIII SMP Negeri 52 Makassar.

References

Daya, W. J. (2019). Pengaruh Latihan Target Terhadap Peningkatan Ketepatan Pukulan Long Service Forehand Bulutangkis Pada Atlet Usia 12-15 …. Cerdas Sifa Pendidikan, 1, 1–8.

Guntur, Ahmad, I. Z., Yuda, A. K., & Izzuddin, D. A. (2020). Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Servis Panjang Permainan Bulutangkis Pada Peserta Ekstrakurikuler Di Sman 1 Rengasdengklok. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 157–162.

Hasanuddin, M., & P, A. (2023). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Dan Koordinasi Mata -Tangan Terhadap Kemampuan Jump Smash Bulutangkis. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 53-62. Https://Doi.Org/10.33659/Cip.V11i1.265

Hasyim & Hasanuddin, M. . (2023). Analysis Of Footwork Ability In Badminton Games For Children Aged 10 – 12 Years. 8–13.

Kurniawan, B. T., Khaeroni, & Sukriadi, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Servis Panjang (Forehand) Permainan Bulutangkis Dengan Media Raket Kayu. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif, 1(02), 51–57.

Mahardika, A. N. (2020). Permainan Bulutangkis. 282.

Marsheilla, R., Adhi Nugroho, R., & Arifai, A. (2023). Pengaruh Metode Drill Terhadap Peningkatan Keterampilan Servis Panjang Bulu Tangkis Pada Atlet Pb Macan Tunggal. Jendela Olahraga, 8(2), 113–121. Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V8i2.14877

Pratama, P. A. (2020). Survei Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Smp Se Kecamatan Kertosono. 1(2).

Purba, S., Ahadid, A., Putra, W., Rahman, A. A., Aryani, P., Jannah, F., Widodo, H., Magalhaes, A. D. J., & Hasanuddin, M. I. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Aplikasinya.

Rahmadani, E., Mashuri, M. T., Sitopu, J. W., Hasanuddin, M. I., Suarsana, I. M., Asriadi, M., Putri, J. H., Maharani, I., Hasanuddin, M. I., Maswar, Elfina, H., & Irwanto. (2023). Statistika Pendidikan.

Studi, P., Jasmani, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Service Long Forehand Bulutangkis Melalui Metode Bermain Pada Siswa Smpn 4 Pontianak. 3(1), 10685–10693.

Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Borneo?: Journal Of Islamic Studies (Vol. 1, Issue 2).

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Badaru, B. ., Suwardi, S., Mappaompo, M. A. ., Hudain, M. A. ., & Asdar, A. S. N. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONG SERVICE FOREHAND BULUTANGKIS MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 52 MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2655–2663. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22096

Most read articles by the same author(s)