Peran Bimbingan Konseling dalam Meminimalisir Perilaku Bullying Anak Usia Dini

Authors

  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Melvi Lesmana Alim Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Amin Yusi Nur Sa’ida Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Luxy Finegirls Hutasoit Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Resi Lovita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Riza Susanti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran bimbingan konseling dalam meminimalisir perilaku bullying pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan bimbingan konseling, terjadi penurunan kasus bullying sebesar 40%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bimbingan konseling memiliki peran signifikan dalam meminimalisir perilaku bullying. Oleh karena itu, sekolah perlu mengintegrasikan program bimbingan konseling ke dalam kurikulum untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan kondusif bagi anak-anak.

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Amalia, R., Alim, M. L., Nur Sa’ida, A. Y., Finegirls Hutasoit, L., Lovita, R., & Susanti, R. (2024). Peran Bimbingan Konseling dalam Meminimalisir Perilaku Bullying Anak Usia Dini . Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(2). Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/41892

Issue

Section

Articles