Peningkatan Disiplin Anak Kelompok B TK Nurul Muhajirin Melalui Metode Token Ekonomi

Authors

  • Lutvia Maria Ulva Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yolanda Pahrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan anak kelompok B TK Nurul Muhajirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B TK Nurul Muhajirin. Metode yang digunakan adalah metode token ekonomi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Objek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Nurul Muhajirin yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data adalah melalui metode observasi dan dokumentas. Teknik analisis data menggunakan lembar observasi dimana lembar observasi berisi tentang indikator perilaku yang akan dinilai yang berkaitan dengan kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan perilaku kedisiplinan anak setelah metode token ekonomi ini diterapkan. Kedisiplinan anak kelompok B TK Nurul Muhajirin mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan hingga siklus II diperoleh hasil yaitu dari 5,88% anak menjadi 0% anak Belum Berkembang (BB), dari 64,70% anak menjadi 17,64% anak Mulai Berkembang (MB), dari 17,65% anak menjadi 41,18% anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan dari 11,77% anak menjadi 41,18 % anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode token ekonomi cukup efisien bila diterapkan kepada anak karena metode token ekonomi ini menggunakan reward atau hadiah sebagai imbalan jika anak menunjukkan perilaku yang diinginkan, sifat anak-anak yang suka bila diberi hadiah menjadi salah satu aspek penting dalam penggunaan metode token ekonomi ini. Kata Kunci : Kedisiplinan, PTK, Token Ekonomi

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Ulva, L. M., Amalia, R., & Pahrul, Y. (2021). Peningkatan Disiplin Anak Kelompok B TK Nurul Muhajirin Melalui Metode Token Ekonomi. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/2526

Issue

Section

Articles