MENUMBUHKAN KEPRIBADIAN BANGSA YANG BERKARAKTER PANCASILA

Authors

  • Muhammad Alwin Alaby STKIP Kusumanegara

Abstract

Abstrak Kepribadian bangsa adalah manifestasi karakter bangsa Indonesia. Lingkungan keluarga,.lingkungan pendidikan dan lingkungan masyarakat yang dikenal sebagai Tripusat pendidikan tempat individu berinteraksi sangat mempengaruhi pertumbuhan karakter setiap manusia.. Tidak dipungkiri bahwa ada manusia yang cenderung berkarakter buruk, oleh karena itu untuk menjadi manusia yang berkepribadian baik, perlu ditumbuhkan nilai-nilai pancasila sebagai pendidikan karakter bangsa. Jadi karakter itu sendiri adalah kebiasaan atau tabiat. Untuk menumbuhkan karakter bangsa perlu adanya. penanaman nilai pancasila,. Pancasila sendiri adalah Kepribadian. bangsa. Indonesia. Kepribadian..bangsa.akan..nampak.dalam. karakter.bangsa. yang merupakan. perwujudan dari nilai - nilai luhur bangsa. Nilai - nilai..luhur. bangsa Indonesia tertuang dalam Pancasila, yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang terdiri dari lima sila pancasila. Maka untuk Menumbuhkan kepribadian setiap manusia Indonesia yang berkarakter pancasila perlu internalisasi nilai-nilai luhur.bangsa mealui proses pembiasaan. Kata Kunci: Karakter Pancasila, Menumbuhkan, Kepribadian Bangsa.

References

Daftar Pustaka

Alwisol. 2019. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Hatta, Mohammad. 2015. Politik, Kebangsaan,Ekonomi (1926-1977 ). Jakarta: Kompas

Kartono, K. 1977. Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Pradnya Paramita.

Lickona, T. 2013. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Lickona, T. 1992. Educating for Character. How Our Scholl Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Michele, Borba. 2008. Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Gramedia.

Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Mutidimensional . Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sugono,D.,dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT.Gramedia.

Tirtarahardja, U., dan Sulo, S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2020-11-19

How to Cite

Alaby, M. A. (2020). MENUMBUHKAN KEPRIBADIAN BANGSA YANG BERKARAKTER PANCASILA. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/1282