PENERAPAN STUDENT CENTER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MENTAL SISWA

Authors

  • Mazni Luthfiatul Khoirah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau
  • Isnaria Rizki Hayati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau

Abstract

Abstrak Student Center adalah salah satu model pembelajaran dalam dunia pendidikan. Model pembelajaran ini memberikan kebebasan kepada para siswa untuk memiliki kesempatan dan menggali sendiri ilmu pengetahuannya, sehingga akan didapat pengetahuan yang mendalam (deep learning) dan mampu meningkatkan kualitas siswa, termasuk didalamnya adalah pemahaman konsep matematis. Pemahaman konsep matematis siswa perlu secara terus menerus untuk ditingkatkan sebagai bentuk tuntutan pendidikan di era globalisasi ini. Penerapan student center dapat menstimulasi perkembangan siswa agar belajar lebih aktif, mampu memecahkan masalah, berani mengungkapkan pendapat, bekerjasama dan saling tolong menolong. Salah satu penunjang keberhasilan model pembelajaran student center adalah mental siswa, siswa yang memiliki mental yang baik akan menunjukkan gejala-gejala yang aktif pada saat belajar. Siswa yang aktif dalam belajar baik dalam segi semangat belajarnya, percaya diri, dan berani mengungkapkan pendapatnya akan meningkatkan tingkat pemahaman konsep matematis pada dirinya.

References

Afifi, Subhan. 2007. Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Mata Kuliah "Metodologi Penelitian Komunikasi" Jurnal Pembelajaran. No. 1 Vol. I.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

E, Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: TIM MKPBM.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Rahmat Dede dan Herdi. 2013. Bimbingan dan konseling Kesehatan Mental di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Karim, Abdul dan Arfatin Nurrahmah. 2018 Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan . Jurnal Analisa Vol. 4 No.1, Hlm: 24-32.

Kurniadi, Galih Dan Jayanti Putri Purwaningrum. 2018. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Discovery Learning Berbantuan Asesmen Hands On Activities. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 No.1.

Lestari, Witri. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa Vol. 3 No. 1.

Mujib, Abdul, & Jusuf Mudzakir. 2002Nuansa-nuansa Psikologi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Cet II

Mulyati. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview-Question-Read- Reflect-Recite-Review. Jurnal Analisa. Vol. 2 No. 3.

Santyasa, I Wayan dkk. 2015. Validasi dan Implementasi Model-Model Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Penalaran dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan. Vol. 4, No.1.

Sudirman. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Interaksi Model Pembelajaran dengan Tingkat Minat Belajar. Cirebon: Prosiding SNMPM II Prodi Pendidikan Matematika Unswagati.

Sujana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwarjo, dkk. 2012. Penerapan Student Centered Approach pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kelompok B (Studi Kasus di Sekolah Laboratorium Rumah Citta) Jurnal Pendidikan Anak. Volume 1, Edisi 1.

Wanti, Nopia dkk. 2017. Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa. Vol. 3 No. 1.

Downloads

Published

2020-12-17

How to Cite

Khoirah, M. L., & Hayati, I. R. (2020). PENERAPAN STUDENT CENTER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MENTAL SISWA. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/1274