MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PELEPAH PISANG PADA ANAK KELOMPOK B TK DARUL YAQIN DESA KOTO RANAH

Authors

  • Delvi Yanti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Citra Ayu Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Syahrial Syahrial Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mencetak menggunakan media pelepah pisang pada anak kelompok B TK Darul Yaqin. Jenis penelitian ini terdiri dari dua siklus san setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 12 orang diantaranya 5 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan mencetak menggunakan pelepah pisang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil Observasi pada pra tindakan menunjukkan bahwa anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan pada pra tindakan ada 2 orang atau 16 %, pada siklus I ada 4 orang atau 3,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 8 orang atau 66,67 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mencetak menggunakan media pelepah pisang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus, pada anak kelompok B TK Darl Yaqin Desa koto Ranah Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Mencetak Dengan Media Pelepah Pisang

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayu, Citra. 2016. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal PAUD Tambusai. Volume 2 No 2.

Cahyani,R. 2018. Meningkatkan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 2 Issue 2 pages 143-144.

Gunarti. 2012. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hajar, pamadhi ,dkk. 2010. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta :Universitas Terbuka.

Jumiarsi.C. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Pada Anak Kelompok A. Di TK Aisyiyah 2 Pandeyan Ngamplak Boyolali.Tahun Ajaran 2012-2013.Skripsi tidak diterbitkan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pelepah Daun Pisang. Jakarta Pusat Bahasa Depdikdas

Ningsih.A 2015. Identifikasi Perkembangan Ketrampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok B Tk Se- Gugus Parkit Banuurip Purwokerto. Diakses pada 17Januari 2018 Pukul 13.00.

Papalia.Diane. E dkk. 2010. Human Development (Psikologiperkembangan). Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sumanto, 2006. Pengembangan Kreativitas Seni RupaA nak TK. Jakarta :Depdikdas.

Suryana, Dadan. 2016. Stimulasi& Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Suriati, Erdiyanti, La Ode Anhusdar 2019. Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak Melalui Mencetak Dengan Pelepah Pisang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 4 Issue 1.

Sunani. 2016. Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Melipat Kartas (Origami) Di RaudhatulAthfalAr- Russydah 1 Kedaton Bandar Lampung. Skripsi( Diterbitkan). FakultasTarbiyah Dan Keguruan Institut Negri Raden Intan Lampung.http://Repistory.Radenintan.Ac (diaksespada 26 juli 2017) .

Downloads

Published

2020-12-17

How to Cite

Yanti, D., Ayu, C., & Syahrial, S. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCETAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PELEPAH PISANG PADA ANAK KELOMPOK B TK DARUL YAQIN DESA KOTO RANAH. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/1273