Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Kelompok A Tk Plamboyan Mekar Desa Tanjung Sawit

Authors

  • Fitri Indriani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Vitri Anggraini Hardi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui kegiatan permainan kartu angka pada anak kelompok A TK Plamboyan Mekar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 20 anak Kelompok A TK Plamboyan Mekar yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list) dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui kegiatan permainan kartu angka. Hasil observasi pada Pra tindakan diperoleh 31,66% dalam kriteria belum berkembang selanjutnya pada Siklus I diperoleh 54,16% dalam kriteria mulai berkembang, pada Siklus II diperoleh 66,25% dalam kriteria berkembang sesuai harapan dan pada Siklus III diperoleh 81,25% dalam kriteria berkembang sangat baik. Langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak adalah guru mempersiapkan media permainan kartu angka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Plamboyan Mekar Desa Tanjung Sawit..

References

Amad Susanto. 2011.Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: kencana Prenada. Media Group.

Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Indonesia.

Agung Triharso. 2013. Permainan Kreatif Dan Edukatif ,Yogyakarta: Andi

Amir Hamzah Sulaiman. 1982. Tehnik Kamar Gelap Untuk Fotografi,

Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Anita Yus. 2010. Penilaian Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak, Medan:

Prenadamedia Group.

Arief S. Sadiman, dkk. 1986. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media

Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta

: CV Rajawali.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Bart, Smet. 1994. Psikologi Kesehatan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Jakarta.

Conny Semiawan.(1990). Pendekatan Ketrampilan. Proses. Jakarta: PT

Gramedia.

Departemen Pedidikan Nasional.2002.Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. J akarta: Depdiknas.

----------------------------.2007. Pedoman pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Ditaman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Mapendasmen Direktor Pembinaan TK dan SD.

----------------------------.2010 . Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi. Kementrian Pendidikan Nasional.

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemillihan dan Pengembangan Sumber belajar untuk

Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajamen Sumber Daya Manusia. Edisi

Kedua. Yogyakarta: Andi Offsen.

Hartati Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta:

Depatemen Pendidikan Nasional.

Kamtini. 2005. Bermain Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak.

Jakarta : sisdiknas.

Masitoh, dkk. 2008. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta

: Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi

Nashar, H. 2004. Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia

Press.

Riyanto, Theo dan Handoko,Martin. 2004. Pendidikan pada Usia Dini. Jakarta:

PT Grasindo.

Slamet Suyanto.2005.Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:

Hikayat Publishing.

Solehudin. 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Dekdipbud

Sudaryanti. 2006. Pengenalan matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta

Tadkiroatun, Musfiroh. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah

Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2020-12-17

How to Cite

Indriani, F., Daulay, M. I., & Hardi, V. A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Kelompok A Tk Plamboyan Mekar Desa Tanjung Sawit. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/1272