Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Digital pada Materi Transformasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9388Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika yang dapat mendukung proses pembelajaran online maupun offline pada materi transformasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan Plomp. Model pengembangan plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu: penelitian awal (pleminary research), tahap prototipe (prototyping phase), tahap penilaian (assessment phase). Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar LKS digital pada materi transformasi SMA yang valid. Kriteria valid pada bahan ajar LKS digital ini dilihat pada hasil expert review. Berdasarkan hasil penelitian uji one to one menghasil persentase untuk melihat keterbacaan bahan ajar LKS digital terlihat persentase pada 67% - 92% kriteria kuat sampai sangat kuat. Kemudian berdasarkan hasil penelitian uji small group menghasilkan persentase untuk melihat kepraktisan bahan ajar LKS digital terlihat persentase pada 75% - 96% kriteria kuat sampai sangat kuat. Kemudian berdasarkan hasil penelitian uji field test menghasilkan persentase untuk mengkonfirmasi hasil akhir bahan ajar LKS digital terlihat persentase pada 85% - 89% kriteria sangat kuat. Bahan ajar LKS digital pada materi transformasi juga mendapatkan respon yang baik dari siswa yang didapat oleh hasil wawancara.Downloads
Published
2022-11-27
How to Cite
Yusuf, V. ., Marlina, R. ., & Abadi, A. P. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Digital pada Materi Transformasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6809–6823. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9388
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Valeryan Yusuf, Rina Marlina, Agung Prasetyo Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).