Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16916Abstract
Kemampuan berpikir logis matematis ialah kemampuan yang wajib dibekali dalam mempelajari matematika. Namun kemampuan berpikir logis matematis sering kali dipengarui oleh berbagai aspek afektif. Kemandirian belajar ialah aspek afektif yang mempengaruhi kemampuan berpikir logis matematis. Sehingga, tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk menelaah seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir logis matematis pada siswa, khususnya pada siswa SMP. Jenis penelitiannya ialah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasinya ialah semua siswa kelas 8 salah satu SMP di Karawang dan sampel yang dipakai ialah 37 siswa. Teknik pengumpulan datanya ialah dengan menyebarkan instrumen tes serta non tes. Instrumen tes memiliki bentuk uraian 2 pertanyaan sedangkan intrumen non tes berbentuk angket 20 pernyataan. Teknik analisis yang dilakukan ialah pengujian regresi sederhana. Akan tetapi sebelum melakukan pengujian regresi sederhana, uji normalitas serta linearitas terlebih dahulu dilakukan sebagai uji prasyarat. Sesudah uji prasyarat dilakukan dan terpenuhi, selanjutnya dilaksanakan uji regresi sederhana. Pengujian regresi sederhana dilakukan dengan bantuan Software IBM Statistic 25 For Windows. Setelah pengujian maka didapat hasil adanya pengaruh positif serta signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa SMP dimana diperlihatkan dari hasil sig. yang didapat dalam Software IBM Statistic 25 For Windows yaitu dimana , Serta besar pengaruhnya adalah 11%, dengan dibuktikan dari nilai R Square dalam tabel model summary.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Yani, A. P. ., & Abadi, A. P. . (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 6028–6034. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16916
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Anggi Putri Yani, Agung Prasetyo Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).