Hubungan Model Problem Based Learning dengan Keaktifan Siswa Kelas IV SD Negeri 091281 Kabupaten Simalungun

Authors

  • Marthin Turnip [email protected]
  • Lisbet N. Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan model Problem Based Learning Dengan Keaktifan Siswa Kelas IV SD Negeri 091281 Kabupaten Simalungun. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Sampel penelitian ini menggunakan “purposive sampling” dengan mengambil sampel sebanyak 30 siswa kelas IV. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan model problem based learning dengan keaktifan siswa, dapat dilihat dari hipotesis penelitian ini bahwa Pada tabel uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 14,280. Sedangkan  diketahui nilai F tabel 28 diperoleh sebesar 4,020. Dengan demikian hasil uji analisis F hitung adalah, F hitung lebih besar dari F tabel (14,280 > 4,020), yang berarti  Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan pada model problem based learning terhadap keaktifan siswa.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Turnip, M. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Hubungan Model Problem Based Learning dengan Keaktifan Siswa Kelas IV SD Negeri 091281 Kabupaten Simalungun . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6399–6406. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9309

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>