Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar di SMK Kahuripan 1 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9306Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kedisiplinan belajar siswa SMK Kahuripan I Jakarta sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok, Kedisiplinan belajar siswa SMK Kahuripan I Jakarta sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok serta Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMK Kahuripan I Jakarta. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian yaitu pendekatan. Selain itu penulis menggunakan pendakatan tindakan. Sedangkan desain penelitiannya meliputi penyusunan rencana tindakan dan pelaksanaan tindakan.Akhirnya penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang efektif untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa, yaitu dilakukan oleh peneliti yang berkapasitas sebagai pemimpin kelompok dengan dibantu oleh trainer yang terkait dengan disiplin, dengan diikuti sejumlah siswa kelas delapan yang memiliki kecenderungan perilaku disiplin rendah sebagai partisipan, mereka diberi pemahaman agar mengikuti kegiatan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku disiplinnya menjadi lebih baik. Pelaksanaan layanan ini melalui beberapa tahap yang meliputi tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran, dimana pada tahap kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi, memadukan dengan pemutaran CD audio dan film (penggunaan multimedia).Downloads
Published
2022-11-25
How to Cite
Mutmainah, M., & Jayidah, H. N. . (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar di SMK Kahuripan 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6371–6379. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9306
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mutmainah, Hilda Nur Jayidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).