Hubungan Konsep Diri Dan Optimisme Dengan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Se-Kecamatan Wonotunggal Batang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10965Abstract
Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara konsep diri dan optimisme dengan pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa kelas IX SMP Se-Kecamatan Wonotunggal,Batang. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh informasi mengenai tingkat masing-masing variabel serta bagaimana hubungan antar variabel. Jenis penelitian kuantitatif ex post facto dengan desain korelasional. Sampel berjumlah 126 siswa dari dua sekolah dengan teknik pengambilan sampel Proportioned Random Sampling.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics versi 21. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat pengambilan keputusan studi lanjut pada kategori tinggi (M=3,95), tingkat konsep diri sedang (M=3,00), serta tingkat optimisme tinggi (M=3,82). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan pengambilan keputusan studi lanjut (t=2,173, ?=0,154, p=<0,05), terdapat hubungan positif dan signifikan anatara optimisme dengan pengambilan keputusan studi lanjut (t=8,355, ?=0,591, p=<0,05), serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan optimisme dengan pengambilan keputusan studi lanjut (R=0,633, R2=0,401, F=41,133, p=<0,05) yang mana secara simultan dapat memprediksi pengambilan keputusan studi lanjut sebesar 40,1%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat diimplikasikan bagi pengembangan program bimbingan dan konseling melalui layanan karir di tingkat sekolah.Downloads
Published
2023-01-05
How to Cite
Mutmainah, M., & Muslikah, M. (2023). Hubungan Konsep Diri Dan Optimisme Dengan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Se-Kecamatan Wonotunggal Batang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 861–870. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10965
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mutmainah Mutmainah, Muslikah Muslikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).