Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Ujung Menteng 01 Pagi Jakarta Timur pada Materi Upaya Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Lingkungannya pada Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Isnaini Riska Amalia Universitas Trilogi
  • Febrianti Yuli Satriyani Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran daring muatan IPA pada Materi Upaya Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Ujung Menteng 01 PAgi Jakarta Timur tahun ajaran 2020/2021 termasuk kesulitan belajar siswa dan upaya guru dalam mengatasinya. Metode penelitian dilakukan dengan model deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara observasi dan dokumentasi dengan tehnik Analisa data menggunakan teori Milles and Huberman. Penelitian ini memiliki subjek yaitu siswa kelas IV SD Ujung Menteng 01 Pagi Jakarta Timur dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa (17 Perempuan dan 14 Laki-laki). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sudah dilaksanakan secara maksimal, guru telah menyusun perangkat pembelajaran tetapi masih banyak kelemahan dan kekurangan di dalamnya.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Amalia, I. R. ., & Satriyani, F. Y. . (2022). Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Ujung Menteng 01 Pagi Jakarta Timur pada Materi Upaya Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Lingkungannya pada Era Pandemi Covid-19 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5807–5812. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9210