Penerapan Aplikasi Google Classroom pada Pembelajaran Daring Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Kukusan Kota Depok

Authors

  • Reza Fauziah Rifanti Universitas Trilogi
  • Febrianti Yuli Satriyani Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan aplikasi Google Classroom pada Pembelajaran Daring Matematika Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas III SD Muhammadiyah 1 Kukusan Kota Depok yang meliputi kelebihan, kendala, dan upaya guru dalam pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah Guru dan 3 Siswa kelas IIIB SD Muhammadiyah 1 Kukusan Kota Depok. Hasil penelitian menunjukan hasil berupa bahwa penerapan aplikasi Google Classroom pada Pembelajaran Daring di Mata Pelajaran Matematika belum berjalan dengan maksimal karena guru dan siswa kelas IIIB mengalami kendala yang sama yaitu sinyal Wifi dan keterbatasan perangkat dan guru mengatasi membeli kuota untuk disambungkan ke laptop dan meminta siswa yang mengalami kendala tersebut untuk datang kesekolah belajar secara langsung.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Rifanti, R. F. ., & Satriyani, F. Y. . (2022). Penerapan Aplikasi Google Classroom pada Pembelajaran Daring Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Kukusan Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4442–4448. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8965