Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Kelas IV SDN 122345 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9128Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi dengan rendah nya hasil belajar tematik siswa di SD N 122345 Pematang siantar, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik yang masih tergolong rendah atau dibawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Hasil perhitungan dengan SPSS versi 21 menggunakan memperoleh hasil hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Dari hasil uji normalitas data eksperimen diperoleh nilai signifikan Kolmogorov-Smirnov Z kelas eksperimen adalah 0,027 dan untuk kelas kontrol nilai signifikan Kolmogorov-Smirnov Z kelas kontrol adalah 0,096 yang artinya berdistribusi normalitas. uji homogenitas, diperoleh nilai signifikan 0,0634 yang artinya homogen. Hasil dari uji independent samples test Hasil dari uji independent samples test dilihat bahwa thitung> ttabel yang dimana ttabel sebesar 15,557 karena df (n-2) maka jumlahnya 44, sehingga ttabel dari 44 yaitu 2,015. Sehingga dperoleh 15,557 > 2,015. Ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual teaching learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa subtema 1 hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku ha diterima dan h0 ditolakDownloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Sinaga, F. . ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Kelas IV SDN 122345 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5323–5334. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9128
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fitria Sinaga, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).