Peran Kepala Sekolah dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Displin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 87 Palembang

Authors

  • Kiki Romadanita Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9118

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah tidak terlepas dari peran semua warga di sekolah, tidak terkecuali kepala sekolah dan guru. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui peran kepala sekolah dan guru dalam pendidikan karakter displin dan tanggung jawab di SD Negeri 87 Palembang. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Bagaimana peran kepala sekolah dan guru dalam pendidikan karakter displin dan tanggung jawab di SD Negeri 87 Palembang? Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SD Negeri 87 Palembang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari guru kelas di SD Negeri 87 Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data meliputi: tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pendidikan karakter tanggung jawab di SD Negeri 87 Palembang adalah memberikan contoh atau konsep, bimbingan atau arahan, dan perhatian dalam berbagai kegiatan disekolah, seperti pengaturan pemberian jadwal atau tugas siswa, memberikan contoh maupun aturan yang ada di sekolah, memperhatikan kebutuhan, kelebihan, dan kekurangan siswa. Guru sebagai pembimbing, penasehat, model, dan teladan, serta sebagai mediator dan fasilitator, seperti memberikan sanksi untuk siswa yang tidak mengerjakan tugas dengan tepat waktu, memberikan contoh yang baik kepada siswa dan selalu mengarahkan siswa kepada hal yang positif terhadap tata tertib yang ada di sekolah, serta mengkondisikan dalam berbagai kegiatan di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah dalam pendidikan tanggung jawab di SD Negeri 87 Palembang sebagai pemimpin pendidikan dan sebagai manajer yaitu kepala SD Negeri 87 Palembang telah melakukan proses perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan mengoordinasikan dalam pendidikan tanggung jawab. Peran kepala sekolah dalam pendidikan karakter displin di SD Negeri 87 Palembang adalah sebagai pembimbing untuk memberikan bimbingan kepada guru dan siswa, sebagai pengarah atau petunjuk dalam memberikan arahan ataupun petunjuk kepada guru dan siswa, sebagai penasehat bagi guru dan siswa, sebagai teladan bagi guru dan siswa dalam memberikan motivasi dan semangat untuk belajar.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Romadanita, K. ., Surmilasari, N. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Peran Kepala Sekolah dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Displin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 87 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5271–5277. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9118