Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Beajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh dKelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9103Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar, 2) Pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 kelas V di SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan menggunakan desain True Experimental tipe Pretest-Posttest Control Group. Variabel bebas dalam penelitian dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kelas V. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar yang berjumlah 28 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan observasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan di kelas V maka didapatkan memperoleh nilai 2,048 dan adalah 11,380 sehingga hasilnya yang artinya diterima dan ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh di Kelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-19
How to Cite
Siahaan, I. L. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Beajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh dKelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5170–5181. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9103
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ika Lestari Siahaan, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).