Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 102034 Gempolan 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8954Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Matematika Siswa Kelas IV SDN 102034 Gempolan. Diharapkan setelah dilakukan penelitian ini maka keaktifan siswa dalam proses kemandrian dan hasil belajar Matematika siswa meningkat. Jenis Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian Korelasi dan bentuk Penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitatif. Dimana Kelas Korelasi adalah kelas IV SD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan dan teknik pengambilan data yaitu berupa Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t melalui prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar Berhubungan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan tahun ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan oleh hubungan yang Positif antara kemandirian belajar (X) dengan hasil belajar matematika siswa (Y) kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,040 dan t_hitung= 1,075>t_tabel = 2,242, untuk ? = 0.05 Hal ini menunjukkan semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa, sebaliknya jika tingkat kemandirian belajar siswa rendah maka hasil belajar matematika yang diperoleh siswa juga akan rendahDownloads
Published
2022-11-16
How to Cite
Silalahi, Y. A. ., Purba, N. ., & Simarmata, R. K. . (2022). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 102034 Gempolan 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4364–4373. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8954
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yesi Affriani Silalahi, Natalina Purba, Radode Kristianto Simarmata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).