Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 102034 Gempolan 2022/2023

Authors

  • Yesi Affriani Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Radode Kristianto Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8954

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Matematika Siswa Kelas IV SDN 102034 Gempolan. Diharapkan setelah dilakukan penelitian ini maka keaktifan siswa dalam proses kemandrian  dan hasil belajar Matematika siswa meningkat. Jenis Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian Korelasi dan bentuk Penelitian yang digunakan adalah  Metode Kuantitatif. Dimana Kelas Korelasi adalah kelas IV SD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan dan teknik pengambilan data yaitu berupa Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t melalui prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar Berhubungan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan tahun ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan oleh hubungan yang Positif antara kemandirian belajar (X) dengan hasil belajar matematika siswa (Y) kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,040 dan t_hitung= 1,075>t_tabel = 2,242, untuk ? = 0.05 Hal ini menunjukkan semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa, sebaliknya jika tingkat kemandirian belajar siswa rendah maka hasil belajar matematika yang diperoleh siswa juga akan rendah

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Silalahi, Y. A. ., Purba, N. ., & Simarmata, R. K. . (2022). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 102034 Gempolan 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4364–4373. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8954

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>