Teknik Asertif Melalui Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Adiksi Game Online Pada Remaja

Authors

  • Lani Cahyani Universitas Negeri Jakarta
  • Anugrah Ade Putra Universitas Negeri Jakarta
  • Awaluddin Tjalla Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8935

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya pengguna  game online pada remaja, begitupun pada siswa SMA Budi Cendekia Islamic School, adiksi game online berdampak negatif baik terhadap fisik, psikis  maupun nilai akademiknya menjadi menurun. Tujuan dari penelitian ini memaparkan sejauh mana efektivitas teknik asertif melalui konseling kelompok dapat mengurangi perilaku adiksi game online pada siswa SMA Budi Cendekia Islamic School. Penelitian ini menggunakan teknik asertif melalui konseling kelompok yang dilaksanakan di SMA Budi Cendekia Islamic School pada bulan September-November. Subjek dari penelitian ini yaitu 7 siswa kelas XI IPS 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan skala adiksi game yaitu GAIA, pedoman observasi dan pedoman wawancara serta analisis data menggunakan grafik dan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan layanan konseling kelompok dengan teknik assertif tepat dalam meningkatkan perilaku asertif. Hasil ini didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata skor pada pra siklus sebesar 102,29 (kategori tinggi), post test pada siklus satu sebesar 66,71 (kategori sedang) dan post test pada siklus 2 sebesar 38,86 (kategori rendah).

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Cahyani, . L. ., Putra, A. A. ., & Tjalla, A. . (2022). Teknik Asertif Melalui Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Adiksi Game Online Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4286–4293. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8935