Sebuah Kajian Literatur: Fair Value Accounting pada Beberapa Jurnal Taraf Internasional dengan Tahun Terbit 2012 sampai 2022

Authors

  • Syifa Alvernia Jasmin Ramadhani Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Valentina Nusa Daton Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Gavriel Faith Nangoy Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Carmel Meiden Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8930

Abstract

Penelitian atas fair value accounting menyelidiki tentang relevansi informasi yang diperoleh melalui penerapan prinsip nilai wajar (fair value principle) serta perbandingannya dengan prinsip pengukuran lain seperti prinsip biaya historis (historical cost principle). Fair value adalah harga yang diterima ketika menjual suatu asset atau membayar suatu kewajiban. Penelitian ini memberikan studi komprehensif tentang literatur fair value accounting dengan menggunakan metode telaah literatur sistematik (systematic literature review) melalui aplikasi Publish or Perish. Dari mesin pencari tersebut, dipilih 62 jurnal yang dijadikan sebagai artikel terpilih (selected articles) dengan periode tahun 2012 sampai 2022. Peneliti menemukan lebih banyak perusahaan yang menggunakan konsep fair value accounting dalam menjalankan kegiatan di sebuah perusahaan. Walaupun demikian, literatur fair value accounting mulai mengalami penurunan dari tahun ke tahun dari segi jumlah publikasi pada topik ini. Penelitian ini juga menemukan bahwa sebagian besar penelitian dari literatur fair value accounting membahas tentang topik value relevance dan accounting information yang diteliti adalah financial asset. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa penelitian pada literatur fair value accounting sebagian besar menggunakan metode penelitian kuantitatif.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Ramadhani, S. A. J. ., Daton, V. N. ., Nangoy, G. F. ., & Meiden, C. . (2022). Sebuah Kajian Literatur: Fair Value Accounting pada Beberapa Jurnal Taraf Internasional dengan Tahun Terbit 2012 sampai 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4253–4272. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8930