Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Kelas V di SD 091465 Parapat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8907Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Kelas V Di SD 091465 Parapat”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 091465 Parapat sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 dan 30 siswa di Kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Pretest dan Posttest berupa soal pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukan bahwa: Adanya pengaruh Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Kelas V Di SD 091465 Parapat. Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 ? 0,05. Dimana Ho Ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode problem solving dengan peningkatan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan metode problem solving.Downloads
Published
2022-11-16
How to Cite
Zai, E. I. S. ., Sidabutar, Y. A. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Kelas V di SD 091465 Parapat . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4102–4112. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8907
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Erika Imelda Sari Zai, Yanti Arasi Sidabutar, Sunggul Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).