Straegi Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak di LPKA Kelas 1 Kutoarjo

Authors

  • Muhammad Rizki Adfianto Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Odi Jarodi Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8700

Abstract

Anak selama di LPKA, anak memiliki hak mendapatkan pembinaan, pengawasan, pelatihan, pendidikan dan pendampingan. Anak mempunyai hak dengan anak lain diluar LPKA. Salah satunya ialah pendidikan, anak juga berhak mendapat fasilitas pendidikan yang pantas dan bisa menjadi bekal setelah menjalani pembinaan di LPKAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan pendidikan bagi anak, serta bagaimana strategi yang tepat bagi anak di LPKA Kelas I Kutoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskripif, dimana pengambilan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara secara mendalam, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan metode interaktif Huberman dan Saldana yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, representasi data, serta penarikan kesimpulan.  Berdasarkan hasil analisis yang penulis lakukan, ditemukan strategi baru yang lebih tepat dan efektif yang dapat digunakan di LPKA Kelas 1 Kutoarjo. Strategi yang telah disusun tersebut dapat di aplikasikan untuk meminimalisir kekurangan serta ancaman dan dapat menjadi evaluasi dari kegiatan yang telah berjalan sebelumnya.

Downloads

Published

2022-11-12

How to Cite

Adfianto, . M. R., & Jarodi, O. . (2022). Straegi Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak di LPKA Kelas 1 Kutoarjo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3170–3179. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8700