Pengembangan Media Explosion Box Braille untuk Kemampuan Pra Membaca Bagi Peserta Didik Tuna Netra
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8688Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran pra membaca pada peserta didik tunanetra. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Reseach and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D merupakan singkatan dari Define, Design, Development and Dissemination. Penelitian ini mengembangkan sebuah media yang dapat membantu serta efektif di gunakan dalam pembelajaran, terutama untuk tunanetra agar tuna netra mampu mengenal huruf braille serta, 2 suku kata dan kalimat melalui penelitan pengembangan (R&D). Media Explosion Box Braille yang digunakan pada pembelajaran pra membaca yang telah dikembangkan memiliki rata-rata validitas dari adli meda, ahli materi, ahli pembelajaran Tunanetra dengan skor 92,40% kategori sangat valid dengan keterangan tidak perlu direvisi. Penilaian dari respon pendidik dan peserta didik mendapatkan hasil sebesar 82,5 % kategori sangat praktis. Maka disimpulkan bahwa media Explosion Box Braille dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas dalam kemampuan pra membaca bagi peserta didik tunanetra.Downloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Ramadhani, N. ., & Irdamurni, I. (2022). Pengembangan Media Explosion Box Braille untuk Kemampuan Pra Membaca Bagi Peserta Didik Tuna Netra . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3058–3064. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8688
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nabila Ramadhani, Irdamurni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









