Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Siswa Kelas V UPT SD Negeri 02 Limapuluh
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8626Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengelola Makanan. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Experimental tipe pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan terhadap 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrolpada uji normalitas dapat diketahui bahwa nilai signifikan pada kelas eksperimen 0,13 > 0,05, Maka nilai data siswa diatas pada posttest eksperimen berdistribusi normal sedangkan pada uji homogenitas nilai signifikansi Based on mean sebesar 0,459 yang artinya lebih besar dari 0,05 hasil analisis uji paired sample test dilihat bahwa thitung ttabel dimana t hitung sebesar 11,088. Sedangkan ttabel dengan taraf df berjumlah 29 sehingga ttabel berjumlah 2,045 dengan taraf signifikansi 0,05. Sehingga diperoleh 11.088 2,045. Ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh model Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema I maka Ha diterima dan H0 ditolak Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil kajian penelitian yang telah diseleksi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan bahwa berdasarkan hasil penelitian ada pengaruh model Make A Match terhadap hasil belajar siswa.Downloads
Published
2022-11-10
How to Cite
Manalu, . . J. I. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Siswa Kelas V UPT SD Negeri 02 Limapuluh . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2707–2714. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8626
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Juli Idamantri Manalu, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).