Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa pada Subtema 3 Meyayangi Tumbuhan di Kelas III SD Negeri 122347 Pematangsiantar

Authors

  • Tomy Andreas Hamonangan Silitonga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Theresia Monika Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar tematik siswa pada subtema 3 meyayangi tumbuhan di SD Negeri 122347 Pematangsiantar. Pelaksanaan pada penelitian ini dimulai pada bulan Juli hingga September dengan jumlah subjek penelitian adalah 15 orang anak. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik Analisis data yang dilakukan adalah uji Shapiro-Wilk sebagai uji normalitas dan uji paired sample ttest  sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar tematik siswa pada subtema 3 menyayangi tumbuhan dengan menggunakan metode outdoor learning, Hasil yang diperoleh dari preteset dengan nilai rata-rata kurang (43,67%) sedangkan posttest dengan nilai rata-rata baik (81%). Apabila analisis berdasarkan hasil  pretest dan posttest maka dapat disimpulkan telah terjadi peningkatan sebesar 37,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode outdoor learning berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa pada subtema 3 menyayangi tumbuhan di kelas III SD Negeri 122347 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Silitonga, T. A. H. ., Purba, N. ., & Siahaan, T. M. . (2022). Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa pada Subtema 3 Meyayangi Tumbuhan di Kelas III SD Negeri 122347 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1978–1988. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8484

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>