Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8455Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan metode sugesti imajinasi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 5 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True eksperimental design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah random sampling. Sampel ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas X Akl 2 yang berjumlah 35 siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas X Akl 3 yang berjumlah 29 siswa. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir yang berbentuk esay dengan satu soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumusan statistic uji-t. Berdasarkan tabel distribusi frekuensi dengan rumus uji-t dengan dk = – 2 = 35 + 29 – 2 = 62 dan a = 0,05, didapat dan = 1,417. Hal ini menunjukan bahwa atau 2,567 1,417. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ditolak dan diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode sugesti imajinasi terhadap menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 5 Palembang.Downloads
Published
2011-11-07
How to Cite
Hermanto, D., Armariena, D. N., & Murniviyanti, L. . (2011). Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1859–1867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8455
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Diki Hermanto, Dian Nuzulia Armariena, Liza Murniviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).