Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8444Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, (1) ada pengaruh model make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar (Ha) dan (2) tidak ada pengaruh yang model make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar (Ho). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian test dan observasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 9,527 dengan taraf signifikansi 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Saragih, D. A. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1750–1769. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8444
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Deswenda Armika Saragih, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).