Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Subtema Perjuangan Para Pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah

Authors

  • Defi Marlina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar T. Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8443

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema perjuangan para pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini yaitu, (1) ada pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema perjuangan para pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah (Ha) dan (2) tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema perjuangan para pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah (Ho). Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian one grup pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 9,571 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema perjuangan para pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Sinaga, D. M. ., Lumbantobing, M. T. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Subtema Perjuangan Para Pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1735–1749. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8443

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>