Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Subtema Perjuangan Para Pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8443Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema perjuangan para pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini yaitu, (1) ada pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema perjuangan para pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah (Ha) dan (2) tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema perjuangan para pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah (Ho). Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian one grup pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 9,571 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema perjuangan para pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Sinaga, D. M. ., Lumbantobing, M. T. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Subtema Perjuangan Para Pahlawan di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1735–1749. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8443
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Defi Marlina Sinaga, Minar T. Lumbantobing, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).